Robby Purba Mengidap Tumor Payudara
Robby Purba Mengidap Tumor Payudara ( GRID.ID/Ragillita)

Gegara Konsumsi Suplemen Fitnes, Robby Purba Mengidap Tumor Payudara

31 Desember 2021 20:12 WIB

SonoraBangka.ID - Pembawa acara Robby Purba mengejutkan netizen karena diam-diam mengidap tumor payudara.

Melalui Instagramnya pada Kamis (30/12/2021), Robby mengaku sudah sembilan bulan terakhir merasakan sakit saat olahraga dan bergerak.

“Sudah 9 bulan mau olahraga sakit, turun tangga pun dada sakit. Jadi terganggu apalagi kalau lagi shooting dan harus lompat-lompat,” tulis Robby dalam Instagram @robbypurba.

Selain karena genetik, Robby Purba pun mengungkapkan penyebab tumor payudara yang dideritanya adalah karena mengonsumsi suplemen gym.

“Pemicunya banyak, selain genetik, karena suplemen gym atau susu juga bisa (menurut dokter spesialisnya),” lanjut Robby.

Untungnya, pria berusia 35 tahun ini sudah melakukan operasi pengangkatan tumor payudara yang berlangsung selama 2.5 jam.

 “Alhamdulillah sudah diangkat tumornya di dada abang, semoga gak berkembang ke mana-mana ya,” katanya lagi.

 

Robby Purba Mengidap Tumor Payudara
Instagram/@robbypurba
Robby Purban mengidap tumor payudara

Walau lebih umum terjadi pada wanita, pria juga bisa terkena tumor dan kanker payudara.

Menurut, dr. Arief Wibisono, Sp.B(K), Onk, atau dokter spesialis bedah onkologi tetap ada kemungkinan kanker payudara pada pria.

"Tapi ada juga kanker payudara pada pria, tapi 1%-5% (jumlah kasusnya) rata-rata," kata dr. Arief yang dikutip dari GridHealth.id.

 

Hal ini berkaitan dengan hormon kewanitaan atau hormon estrogen yang diproduksi lebih banyak pada wanita, terutama saat pertumbuhan payudara.

Sedangkan pada pria, kadar hormon estrogen ini biasanya lebih rendah.

Seperti yang disebutkan Robby sebelumnya, faktor genetik juga bisa menjadi pemicu kanker payudara pada pria.

Ini berarti, apabila dalam satu keluarga ada yang mengidap kanker payudara, maka besar kemungkinan anggota keluarga lainnya juga terkena penyakit yang sama.

Ada beberapa gejala kanker payudara yang bisa diaalami oleh pria seperti dikutip dari Kompas.com, di antaranya adalah:

- Muncul satu atau lebih benjolan di dada atau bawah ketiak dengan ciri-ciri terasa keras atau kenyal, berbentuk tidak beraturan, tidak mudah digerakkan dengan jari, dan tumbuh seiring waktu.

- Perubahan bentuk dan ukuran payudara yang membesar.

- Perubahan kulit di sekitar payudara di mana testurnya menyerupai kulit jeruk dan berlesung pipit, ada kerutan, hingga bersisik, merah, dan bengkak.

- Puting pria yang terkena kanker payudara mungkin akan masuk ke dalam dan mengeluarkan cairan bening atau berdarah.

- Jika kamu mengalami gejala-gejala di atas, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter demi mendapatkan diagnosa yang tepat.

- Kanker yang terdeteksi sejak dini akan lebih mudah ditangani sehingga peluang kesembuhannya lebih besar. (*)

 

https://www.grid.id/read/043072662/gegara-konsumsi-suplemen-fitnes-robby-purba-mengidap-tumor-payudara-hingga-harus-dioperasiapa-saja-gejalanya?page=all

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm