Pemain Indonesia Ricky Richardo Kambuaya (tengah) mengontrol bola melewati pemain Thailand Tristan Do (kiri) dan Weerathep Pomphun pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB.
Pemain Indonesia Ricky Richardo Kambuaya (tengah) mengontrol bola melewati pemain Thailand Tristan Do (kiri) dan Weerathep Pomphun pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. ( (AFP/ROSLAN RAHMAN))

Final Piala AFF 2020 Antara Thailand Vs Indonesia - Main Lepas, Maksimalkan Kans Menang, Garuda!

1 Januari 2022 08:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Usai kalah 0-4 dari Thailand pada laga leg pertama final Piala AFF 2020, timnas Indonesia akan menjalani leg kedua di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (1/1/2022) nanti malam.

Mantan pelatih timnas U19 Indonesia, Eduard Tjong, menilai sangat berat bagi pemain untuk bisa mengembalikan keadaan pada leg kedua.

Walau demikian, menurut dia, sangat mungkin bagi Indonesia untuk memenangi pertandingan. Dia meminta Witan Sulaeman dkk agar bermain tanpa beban atau tampil nothing to lose.

Dengan tampil tanpa beban, pemain timnas Indonesia bisa tampil lepas menghadapi Thailand.

Hal itu dapat meminimalisasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pemain di lini pertahanan. 

Eduard Tjong meyakini Indonesia dapat memenangi pertandingan leg kedua meskipun belum bisa menjadi juara Piala AFF 2020. Mental dan moril pemain akan naik karena berhasil mengalahkan salah satu tim kuat di kawasan Asia Tenggara.

"Kalau kita bicara peluang masih ada, cuma ya harus kerja keras. Kalau boleh bilang hanya keajaiban yang bisa. Bukan pesimistis ya, kita lihat dari hasil pertandingan kemarin," kata mantan pelatih timnas U19 Indonesia itu kepada Kompas.com.

"Nothing to lose saja sudah, kalau kita bisa menang, tetapi enggak juara, enggak masalah. Kita bikin kalah Thailand kan juga bangga, yang penting anak-anak itu enggak beban di leg kedua. Main, jaga harga diri bangsa Indonesia saja," ujarnya.

Kekalahan dari Thailand di laga sebelumnya dirasa bukan menjadi antiklimaks dari penampilan tim asuhan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020.

Eduard Tjong menilai memang secara kualitas permainan, Indonesia masih berbeda levelnya dengan Thailand yang bermain menggunakan filosofi sepak bola mereka yang terus terjaga di setiap event Piala AFF.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm