Ilustrasi mengajarkan anak untuk mengembangkan imajinasinya
Ilustrasi mengajarkan anak untuk mengembangkan imajinasinya ( DONOT6_STUDIO)

Apa Alasan Kenapa Permainan Imajinasi Penting untuk Perkembangan Anak?

3 Januari 2022 11:38 WIB

SonoraBangka.id - Banyak cara bisa dilakukan orangtua untuk meningkatkan kecerdasan anak. Salah satunya dengan mengasah daya imajinasi anak.

Sebagai orang tua, mengembangkan imajinasi anak menjadi bagian yang penting di masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Hal tersebut penting dilakukan untuk mengasah pola pikir si kecil, mulai dari belajar mengamati, membayangkan, hingga akhirnya melakukan sesuatu.

Untuk memulainya, kamu bisa mengajak si kecil dengan belajar sambil bermain.

Aktivitas belajar sambil bermain ini bahkan telah diakui secara luas oleh para praktisi sebagai metode penting untuk perkembangan anak.

Salah satu jenis kegiatan yang bisa anak-anak lakukan adalah permainan imajinasi.

Tentu kamu sering melihat si kecil berpura-pura menjadi ayah-ibu atau pura-pura memasak.

Permainan imajinasi atau berpura-pura ini bahkan telah diyakini oleh sejumlah ahli parenting dapat membantu perkembangan anak, baik motorik ataupun emosi sosialnya.

Selain itu, mainan imajinasi ini dapat menunjang proses belajar, memberikan kesempatan pada anak untuk berimajinasi tentang dunia khayalnya, mengembangkan kreativitas, serta perkembangan sosial.

Sebab saat melakukan permainan imajinasi, si kecil akan belajar bagaimana menghadapi masalah, menyampaikan maksud dan keinginannya, hingga melatih keterampilan motorik anak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm