Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil
Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil ( Bangkapos.com)

Masjid Agung Berkubah Timah Rencananya Mulai Dibangun Tahun Ini

3 Januari 2022 14:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil menyebutkan bahwa pembangunan masjid Agung Kubah Timah di Pangkalpinang rencananya akan dimulai tahun 2022 ini.

Walikota yang akrab disapa Molen ini pun mengungkapkan bahwa pembangunan masjid ini memang menjadi skla prioritas setelah penanganan banjir.

Bahkan Molen menyebut, meski secara porsi APBD tahun 2022 lebih kecil pembangun masjid akan tetap dilanjutkan.

Baca Juga: Wagub Abdul Fatah Apresiasi Deklarasi Zona Integritas BNN Babel

 "Biarpun APBD kita ngepas, saya tekankan disini untuk masjid itu kita membangun rumah Allah bukan main-main, saya siap mempertanggung jawabkannya dunia akhirat," kata Molen dikutip dari Bangkapos.com, Minggu (2/1/2022).

Menurutnya, sejak lama memang Kota Pangkalpinang belum memiliki masjid agung yang sudah selayaknya setiap kota itu ada masjid Agung.

"Kita adanya masjid raya tapi itu sekelas Provinsi, Ibu Kota Provinsi sudah selayaknya kita harua ada masjid Agung. Pembangunannya bertahap nanti, kita prioritaskan banjir tapi untuk pembangunan kita mulai tahun ini," jelasnya.

Baca Juga: Ada 1 WNA Asal Thailand Dideportasi dari Bangka Belitung, Apa Penyebabnya ?

Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Pangkalpinang, Budiyanto menyebut untuk proritas kepala daerah akan tetap dilaksanakan meski porsi APBD terbatas.

Kata Budi, pembaungunan masjid sudah masuk penganggaran tahun 2022.

"Banjir, pembangunan masjid, penataan pasir padi, penataan pasar, itu menjadi prioritas walupun dengan kondisi APBD yang turun, untuk detailnya nanti," ujar Budi. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) kota Pangkalpinang, M. Belly Jawari menyebut pembangunan masjid secara fisik diperkirakan akan dibangun pada pertengan tahun nanti.

"Tahun ini 2022 kita sudah mulai pembangunan fisik, kita rencanakan dua tahun pembangunan multiyears 2022 dan 2023 rampung. Harapan kita pertengahan tahun nanti pembangunan fisik sudah mulai, kalau awal tahunnya nanti lelang Detail Engineering Design (DED)nya dulu," jelas Belly.

Menurutnya, masjid Agung Kubah timah itu nanti akan menjadi ciri khas Bangka Belitung bukan hanya Kota Pangkalpinang saja.

"Harapan kita itu memang jadi semacam iconnya Bangka Belitung seperti identitas. Karena Bangka Belitung ini penghasil timah, jadi icon pemerintah daerah penghasil timah dan sudah seharunya memang masjid Agung hadir untuk sekelas Kota," ujarnya. 

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Masjid Agung Kubah Timah di Pangkalpinang Mulai Dibangun Tahun Ini

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm