( )

Masalah Gugatan Sampul Album Nevermind Nirvana Ditolak oleh Hakim

6 Januari 2022 08:47 WIB

 

SonoraBangka.Id - Hakim Federal Amerika Serikat di California menolak tuntutan yang diajukan terkait gambar sampul salah satu album Nirvana berjudul Nevermind yang dirilis pada 1991. Dilansir dari Variety, Senin (3/1/2022), Hakim Pengadilan California Fernando M Olguin menolak gugatan Spencer Eden dengan alasan proseduran, yakni melewatkan tenggat waktu pengajuan bantahan atas tanggapan pengacara Nirvana yang diberikan pada 30 Desember lalu. Spencer Elden adalah bayi yang fotonya dipajang sebagai sampul album Nirvana.

Meskipun gugatan ditolak, Spencer Elden masih diberi kesempatan untuk mengajukan pengaduan baru kembali dan memperbaiki berkas sampai 13 Januari 2022. Jika pihak Elden melewatkan tenggat waktu 13 Januari, gugatan akan ditolak tanpa prasangka dan masalah akan dianggap selesai. “Penggugat diperingatkan bahwa kegagalan untuk mengajukan pengaduan perubahan kedua secara tepat waktu akan mengakibatkan tindakan ini diberhentikan tanpa mengurangi kegagalan untuk menuntut dan/atau kegagalan untuk mematuhi perintah pengadilan,” demikian putusan tersebut.

Hakim Olguin juga memerintahkan bahwa jika para terdakwa yang ingin mengajukan mosi lain untuk menolak gugatan yang diajukan Elden, maka kuasa hukum para pihak diharapkan datang pada 20 Januari 2022 pada pukul 10.00 pagi. Kehadiran kuasa hukum guna bertemu dan berunding secara langsung atau melalui konferensi video untuk membahas bagaimana perdebatan dengan tergugat Elden diberhentikan. Sebelumnya, Spencer Elden menggugat seluruh pihak Nirvana yang terlibat dalam pembuatan album Nevermind.

Dalam gugatannya, Elden mengeklaim bahwa gambar di sampul itu diambil dan digunakan tanpa persetujuannya dan foto telanjangnya itu sama dengan pelecehan anak. Dua minggu lalu, pihak Nirvana, termasuk Courtney Love selaku mantan istri Kurt Cobain, menolak gugatan yang diajukan Elden. Mereka menyatakan Elden telah menghabiskan tiga dekade mencari keuntungan dari titlenya sebagai Baby Nirvana. Elden sebagai orang dewasa juga telah membuat ulang foto tersebut, termasuk dengan tato Nevermind di dadanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gugatan Sampul Album Nevermind Nirvana Ditolak oleh Hakim ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/01/05/150816066/gugatan-sampul-album-nevermind-nirvana-ditolak-oleh-hakim.
Penulis : Cynthia Lova
Editor : Andi Muttya Keteng Pangerang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm