Ilustrasi kesendirian
Ilustrasi kesendirian ( SHUTTERSTOCK )

Ada Bahaya Kesehatan untuk Orang Kesepian, Ini 7 Cara Mengatasinya

8 Januari 2022 13:36 WIB

SonoraBangka.id - Dalam hidup, mungkin kita pernah merasakan kesepian.

Ya, kita bisa merasa kesepian, meski sedang berada di tengah banyak orang.

Itu terjadi karena kesepian disebabkan oleh banyak hal, tidak semata-mata karena merasa sendiri saja. Sebenarnya apa sih itu kesepian?

Mengutip dari Very Well Mind, kesepian merupakan suatu kondisi di mana seseorang merasa kosong, sendirian, dan tidak diinginkan.

Orang yang kesepian sering mendambakan kontak manusia, tetapi pikiran mereka membuatnya lebih sulit untuk menjalin hubungan dengan orang lain.

Para peneliti menyarankan bahwa kesepian dikaitkan dengan isolasi sosial, keterampilan sosial yang buruk, introversi, dan depresi.

Kesepian, menurut banyak ahli, tidak selalu berarti sendirian.

Misalnya, seorang mahasiswa baru mungkin merasa kesepian meskipun dikelilingi oleh teman sekamar dan teman sebaya lainnya.

Perbedaan Kesepian (Loneliness) dan Kesendirian (Solitude)

Sendirian tidak sama dengan kesepian.

Faktanya, kesendirian memiliki sejumlah manfaat kesehatan mental yang penting, termasuk memungkinkan orang untuk lebih fokus dan bisa mengisi ulang energi.

SumberNova
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm