Siswa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN 010 Batam Kota, Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/1/2022). Sejumlah sekolah di Kota Batam yang telah mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan Kota Batam mulai melakukan PTM dengan kapasitas 100 persen dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Siswa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN 010 Batam Kota, Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/1/2022). Sejumlah sekolah di Kota Batam yang telah mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan Kota Batam mulai melakukan PTM dengan kapasitas 100 persen dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. ( (ANTARA FOTO/TEGUH PRIHATNA))

Guru hingga Murid Positif Covid-19, PTM Belasan Sekolah di Jakarta dihentikan Sementara

15 Januari 2022 08:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Belasan sekolah di Jakarta menghentikan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen lantaran temuan kasus Covid-19 di tempat mereka, seperti dilansir Harian Kompas.

Kasus Covid-19 yang ada tidak hanya menjangkiti pada siswa, namun pula tenaga pendidik alias guru. Di Jakarta Timur terdapat tujuh sekolah yang menghentikan PTM 100 persen.

Sekolah itu ialah SMAN 71, SMK Malaka, SMPN 252, SMPN 62, SDN Jati 01, SMA Pelita 3, dan SDN 02 Ceger.

Kasudin Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Timur Linda Romauli Siregar menuturkan, sekolah ditutup sementara sesuai prosedur standar operasi (SOP) yang ada.

Selama penutupan, fasilitas sekolah disteriliasi berulang-ulang. ”Untuk SMAN 71 dan SMK Malaka kita anggap sudah clear karena hasil tracing kita semua negatif. Tetapi supaya masyarakat yakin, SOP penutupan sekolah dijalankan dan dilakukan disinfektan berulang-ulang supaya benar-benar steril. Sekolah akan kita buka tanggal 17 Januari,” lanjutnya.

Terpisah, Kasudin Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Selatan Abdul Rachem mengatakan, di wilayahnya ada lima sekolah yang ditutup sementara.

Lima sekolah tersebut ialah SMP Labschool dengan satu siswa positif Covid-19, SMP Islam Andalus satu siswa tanpa gejala, SMA Labschool dengan satu guru dan dua siswa positif, SMK Asisi satu siswa positif, dan SMP Azhari Islamic School Rasuna dengan satu siswa positif.

Untuk Jakarta Barat, Kasudin Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Barat Aroman mengungkapkan, di wilayahnya ada lima sekolah yang ditutup sementara.

Penutupan bukan lantaran ditemukannya kasus aktif, melainkan karena terletak di zona merah Kelurahan Krukut yang memang ditutup karena ada puluhan warga positif Covid-19.

”Lima sekolah itu SD semua dan ditutup selama dua minggu dari Senin lalu dan mengubah PTM menjadi pembelajaran jarak jauh atau PJJ sementara,” ujar Aroman.

Walau demikian, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih bakal melangsungkan PTM 100 persen, kecuali di sekolah yang ditemukan kasus Covid-19. Hal itu  sesuai dengan peraturan yang berlaku, yaitu  SKB 4 Menteri soal Penyelenggaraan PTM di masa pandemi Covid-19.

Jakarta yang menerapkan PPKM Level 2 dianggap masih memenuhi syarat untuk melaksanakan PTM 100 persen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belasan Sekolah di Jakarta Hentikan PTM Sementara, Guru hingga Murid Terpapar Covid-19", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/01/14/05533021/belasan-sekolah-di-jakarta-hentikan-ptm-sementara-guru-hingga-murid?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm