Tugu Jam Pasar Gede Solo saat Imlek (SHUTTERSTOCK )
Tugu Jam Pasar Gede Solo saat Imlek (SHUTTERSTOCK ) ( kompas.com)

Sejarah Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia, Dulu Sempat Dilarang

20 Januari 2022 19:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Imlek tahun 2022 akan dirayakan Selasa, 1 Februari 2022 dan menjadi perayaan kedua saat pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, pergantian tahun pada penanggalan China ini merupakan tradisi bagi masyarakat keturunan China.

Mengutip Kompaspedia, pergantian tahun akan ditandai dengan pergantian tanda zodiak atau disebut juga shio yang dipercaya akan menentukan kehidupan satu tahun ke depan.

Untuk itu, bagi yang merayakan, Imlek dianggap sebagai perayaan rasa syukur tahun lalu dan persiapan untuk menyambut tahun mendatang.

Sehingga tentu saja perayaan Imlek juga disambut dengan berbagai persiapan, mulai dari pembersihan wihara dan kelenteng sebagai tempat ibadah, penyajian makanan khas Imlek, pembersihan rumah, hingga menyiapkan angpau yang akan dibagikan saat kumpul keluarga.

Tapi, puluhan tahun yang lalu, perayaan Imlek ternyata tidak dapat dilakukan dengan bebas seperti saat ini.

Sejarah perayaan Imlek di Indonesia

Melansir Kompas.com, Jumat (12/2/2021), Imlek menjadi hari libur resmi melalui keputusan Osamu Seirei Nomor 26 pada 1 Agustus 1943 saat masa pendudukan Jepang. Ini merupakan penetapan hari libur resmi Imlek pertama di Indonesia.

Kebijakan itu masih terus berlangsung sampai masa awal kemerdekaan. Bahkan, Presiden Soekarno mengeluarkan maklumat yaitu bendera kebangsaan China boleh dikibarkan setiap Imlek.

Pada tahun 1946/1947, ada tiga hari raya China yang dijadikan hari libur resmi, yakni Imlek, wafatnya nabi Konghucu, dan Tsing Bing.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm