suasana sahur/berbuka puasa
suasana sahur/berbuka puasa ( Shutterstock/Zurijeta)

Diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, Mau Tahu 2 Amalan Mulia saat Sahur?

30 Januari 2022 18:35 WIB

SonoraBangka.id - Diajarkan Rasulullah SAW, inilah 2 amalan mulia berlimpah pahala di waktu sahur dan jika terlewat muslim rugi besar.

Umat muslim dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa Senin Kamis.

Puasa ini menjadi salah satu puasa sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW.

Dari ‘Aisyah Radhiallahu anha, ia mengatakan, “Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis”. (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad).

Sahur menjadi salah satu amalan sunnah yang diajarkan nabi saat menjalani puasa Senin Kamis.

Rasulullah SAW tidak pernah melewatkan sahur, bahkan dalam sebuah hadist dari Abdullah bin Al Harits dari seorang sahabat Rasulullah SAW,

"Aku masuk menemui Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika dia makan sahur, beliau berkata, "Sesungguhnya makan sahur adalah barokah yang Allah berikan pada kalian maka janganlah kalian tinggalkan." (HR An Nasaa`i dan Ahmad).

Lantas amalan mulia apa yang dapat kita lakukan saat sahur?

Dikutip TribunStyle.com dari YouTube Ceramah Pendek berjudul Dahsyatnya Keutamaan Waktu Sahur, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan 2 amalan mulia di waktu sahur.

1. Mengakhirkan waktu sahur

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm