Deretan motor hasil razia yang kini terparkir di halaman Polres Bangka Barat, Rabu (02/02/2022).
Deretan motor hasil razia yang kini terparkir di halaman Polres Bangka Barat, Rabu (02/02/2022). ( Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sebanyak 95 Pengendara Terjaring Razia, Truk Yang Kelebihan Muatan Jadi Perhatian Khusus

3 Februari 2022 06:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebanyak 95 kendaraan bermotor yang berhasil terjaring razia dalam penindakan pelanggaran lalu lintas, Sat Lantas Polres Bangka Barat di sejumlah titik di Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat.

Kasat Lantas Polres Bangka Barat, Iptu Sianturi menyebutkan kegiatan dilakukan dalam tiga hari, berhasil menjaring kendaraan yang kini deretan motor tersebut terparkir di Polres Bangka Barat.

"Kami menggelar kegiatan rutin selama tiga hari, di dekat SMKN 1 dan simpang Polsek Simpang Teritip. Hasilnya ada 95 berkas pengendara yang melanggar, kami mengamankan barang bukti 50 sepeda motor, dan 45 surat-surat kendaraan bermotor," kata Iptu Sianturi, Rabu (02/02/2022).

Dalam razia tersebut jenis pelanggaran mayoritas dikarenakan, pengendara yang tidak membawa kelengkapan surat dan tidak mengenakan helm.

"Paling banyak tidak pakai helm, karena pada saat tersebut masyarakat banyak pergi berkebun atau pergi ke TI (Tambang Inkonvensial). Jadi dalam penindakan ini mengapa kita mengamankan kendaraan, karena saat pemeriksaan mereka ini tidak membawa SIM atau STNK, jadi kita amankan kendaraannya,"ucapnya.

Tidak  hanya kendaraan roda dua, Sat Lantas Polres Bangka Barat juga fokus dalam penindakan pelanggaran terhadap kendaraan yang kelebihan muatan.

"Kita juga ada menjaring kendaraan yang kelebihan muatan, kita beri peringatan kepada para pengendara yang membawa muatan yang lebih kapasitas KIR. Ini sangat bahaya bisa mengalami patah as, atau kerusakan ban meledak atau bisa ketika di tikungan terguling," katanya.

Selain itu untuk truk dengan muatan sawit, Iptu Sianturi mengimbau pengendara untuk menutup bak truk guna menghindari kejadian yang tak diinginkan.

"Untuk yang membawa sawit juga kita berikan peringatan, untuk disesuaikan kapasitas muatan KIRnya. Kita sarankan untuk memakai jaring atau terpal, sehingga tidak menganggu masyarakat takut tertimpa atau kececer di jalan," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Razia Rutin 95 Pengendara Berhasil Terjaring, Truk Kelebihan Muatan Jadi Perhatian Khusus, https://bangka.tribunnews.com/2022/02/02/razia-rutin-95-pengendara-berhasil-terjaring-truk-kelebihan-muatan-jadi-perhatian-khusus.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm