Ilustrasi Omicron
Ilustrasi Omicron ( ist)

Varian Omicron Sudah Masuk Belitung, Dinkes : Tracking Pasien Sudah Dilakukan

3 Februari 2022 07:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Varian Covid-19 Omicron kini mulai masuk Belitung usai terkonfirmasi terhadap delapan warga yang berada di wilayah kerja Puskesmas Air Saga.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono mengatakan proses tracking telah dilakukan kepada pasien-pasien tersebut.

Kepada posbelitung.co, Rabu (2/2/2022), Joko menuturkan semula ada warga yang pulang dari Jakarta dan terkonfirmasi positif Covid-19. Lalu menularkan kepada anggota keluarga dan beberapa kontak lain. Setelah ditelusuri, ditemukan 11 sampel positif, 9 di antaranya terindikasi Omicron. 

"Sampel ini dikirim ke lab di Jakarta. Yang menentukan sampel dikirim atau tidaknya dari rumah sakit, berdasarkan CT Value hasil tes PCR, kalau di bawah 30, sampelnya harus dikirim ke lab,"katanya.

Sejumlah sampel tersebut telah dikirim pada Senin (24/1/2022) lalu. Dari 9 sampel yang dikirim, 8 di antaranya terkonfirmasi merupakan varian Omicron, sementara 1 sampel masih dalam pemeriksaan. 

Kedelapan pasien tersebut mengalami gejala ringan dan sedang, sehingga tak menjalani perawatan di rumah sakit, melainkan isolasi mandiri. 

"Dirawat rumah sakit atau tidak tergantung gejala, kalau butuh alat bantu di rumah sakit, kalau gejalanya ringan atau tanpa gejala bisa isolasi mandiri,"tambahnya. 

Berdasarkan pantauan data terbaru di laman covid19.belitung.go.id, pukul 16.14 WIB, ada 29 pasien positif Covid-19. Meski begitu, Joko memastikan delapan pasien yang positif Omicron telah dinyatakan sembuh dan bukan termasuk dalam ke-29 pasien yang masih positif. 

"Kami tetap upaya, menemukan kontak secepatnya dan seakurat mungkin sehingga mereka segera isolasi sebagai pemutus mata rantai. Sudah dilacak, sudah diketemukan semua," ucapnya. 

Gejala Omicron, dikatakan tidak terlalu berbeda dengan Covid-19 pada umumnya. Walau tingkat penularan hampir sama masifnya dengan Delta, namun tidak seganas Delta. 

Ia tetap mengimbau masyarakat bahwa selama pandemi belum selesai maka penerapan protokol kesehatan harus tetap dijalankan, walaupun kasus menurun.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Varian Omicron Masuk Belitung, Dinkes Sebut Tracking Pasien Sudah Dilakukan, https://bangka.tribunnews.com/2022/02/02/varian-omicron-masuk-belitung-dinkes-sebut-tracking-pasien-sudah-dilakukan.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm