Penerapan fogging di pasar Muntok, Kabupaten Bangka Barat.
Penerapan fogging di pasar Muntok, Kabupaten Bangka Barat. ( (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy))

Belum Genap Dua Bulan, DBD di Muntok Bangka Barat Kini Sudah 70 Kasus

10 Februari 2022 10:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Sepanjang 2022 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Muntok kini sudah mencapai 70 kasus hingga mengakibatkan dua orang meninggal dunia akibat DBD. 

Angka tersebut berdasarkan data dari Puskesmas Muntok, yaitu 65 kasus di bulan Januari dan 5 kasus DBD pada minggu pertama di Februari 2022.

"Kalau Februari sampai dengan minggu pertama meningkat, tapi tidak sebanyak bulan Januari. Karena curah hujan kadang hujan, kadang panas tentunya perindukannya masih ada," kata Kepala Puskesmas Muntok, Harianto, Rabu (09/02/2022). 

Tetapi diketahui untuk Kabupaten Bangka Barat, total kasus DBD yang belum genap dua bulan ini sudah mencapai 109 kasus. 

Selain itu untuk sebarannya Puskesmas Muntok terdapat 70 kasus, Puskesmas Kundi empat kasus, Puskesmas Simpang Teritip tujuh kasus, Puskesmas Jebus 11 kasus, Puskesmas Puput 14 kasus, Puskesmas Sekar Biru dua kasus, dan Puskesmas Tempilang satu kasus. 

Sedangkan untuk di Kecamatan Muntok, wilayah yang rawan terdapat kasus DBD yakni Kelurahan Tanjung, Menjelang dan Keranggan. 

Guna mengantisipasi kasus DBD, sejumlah langkah termasuk penggunaan fogging juga dilakukan guna menekan kasus DBD. 

Tetapi Harianto mengatakan untuk fogging hanya memberantas 10 persen, dikarenakan sifatnya hanya membunuh nyamuk yang terbang atau dewasa. 

"Kalau untuk jentik kalau tidak diberantas akan terbang hidup dan terkena lagi, makanya kasus kita landai jentik dalam kurun waktu 10 hari akan terbang," ucapnya. 

Sedangkan untuk pemberantasan jentik DBD, satu diantaranya dapat menggunakan Abate yang bisa didapat di Puskesmas. 

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm