Ilustrasi cokelat valentine
Ilustrasi cokelat valentine ( Ist)

Ini Sejarah Mengapa Hari Valentine Selalu Identik dengan Cokelat

14 Februari 2022 14:17 WIB

SonoraBangka.id - Tanggal 14 Februari bertepatan dengan hari ini, berbagai negara dari penjuru dunia merayakan hari kasih sayang atau hari Valentine

Biasanya hari kasih sayang ini dirayakan dengan saling memberi hadiah kepada sahabat, orang tua, dan orang tersayang lainnya.

Jenis hadiah yang diberikan bisa berbagai macam, namun yang paling terkenal dan sering digunakan yaitu cokelat. 

Lalu, sejak kapan hari Valentine selalu identik dengan cokelat? Yuk, cari tahu!

Cokelat Susu yang Mulai Dikenal

Diketahui, cokelat ternyata termasuk bahan yang penting bagi masyarakat Mesoamerika, khususnya Suku Maya dan Suku Aztek. 

Kedua suku ini sangat menyukai cokelat, hingga cokelat digunakan sebagai mata uang dan tata cara dalam upacara keagamaan. 

Para arkeolog menemukan bukti bahwa sejak 3.900 tahun yang lalu, Mesoamerika adalah yang pertama kali menggunakan dan membudidayakan kakao. 

Para arkeolog menemukan bukti penggunaan kakao untuk potongan batu dan keramik dari situs Mayo-Chinchipe di Ekuador, berusia sekitar 5.300 tahun.

Karena adanya interaksi antara Mayo-Chinchipe dengan orang dari negara lain, pra pedagang membawa kakao untuk dijual di Mesoamerika.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm