Salah satu tikungan berpandangan menghadap laut di Sirkuit Mandalika.(Kementerian Kominfo)
Salah satu tikungan berpandangan menghadap laut di Sirkuit Mandalika.(Kementerian Kominfo) ( kompas.com)

Usai Tes Pramusim, Bos Dorna Bicara Kelebihan dan Kekurangan Dari Sirkuit Mandalika

14 Februari 2022 20:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Pelaksanaan Sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB, telah sukses selesai digelar pada Minggu (13/2/2022).

Kendati mendapatkan banyak tanggapan dari pebalap dan pecinta ajang MotoGP di Tanah Air, penyelenggara yakni Dorna Sport menyebut bahwa Indonesia sudah siap menggelar MotoGP dengan sirkuit terkait.

"Kami beruntung Indonesia kembali (menjadi tuan rumah MotoGP)," kata Managing Director Dorna Sports, S.L, Carlos Ezpeleta dalam wawancara video di laman MotoGP.com, Senin (14/2/2022).

Ia mengakui Pertamina Mandalika International Circuit adalah salah satu sirkuit terbaik di kalender MotoGP. Sebab, lintasannya mempunyai aspal dan gravel yang baik sehingga menekan potensi fatal ketika terjadi suatu kecelakaan.

Namun memang tak dipungkiri bahwa masih ada yang perlu disempurnakan di dalam dan luar trek. Misalnya, kecepatan dan kedetailan pembersihan permukaan sirkuit setelah terjadi cuaca yang tak diinginkan seperti hujan angin dan debu.

"Kami percaya trek akan jauh lebih bersih (saat balapan MotoGP nanti). Sebenarnya, mereka memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan trek, juga memiliki mesin yang baik. Kami percaya nanti akan jauh lebih baik," kata Ezpelata.

Memang, sesi tes pramusim MotoGP Mandalika sempat menuai kritik terutama pada hari pertama. Kala itu, kondisi sirkuit kotor setelah hujan yang membuat sesi tes ditunda.

Setelah dibersihkan, motor sebagian pebalap pun tak ayal didapati dalam keadaan kontor sesaat menjajal trek. Tapi, itu tidak menjadi suatu hal yang membuat perhelatan tertunda panjang.

"Pertama kali hadir tentunya banyak tantangan, tapi keseluruhan ini jadi pengalaman untuk tim, Dorna, serta para pebalap," kata Ezpelata.

"Ini merupakan proses yang sangat baik untuk bisa hadir pertama dengan World Superbike dan kemudian dengan tes (pramusim) Motogp sebelum balapan MotoGP. Namun ada banyak yang harus diperbaiki di dalam dan luar trek," ujarnya.

"Prioritas adalah untuk menyelenggarakan GP dalam kondisi baik. Yang terpenting para pebalap suka dengan layout, dan khsuusnya dalam hal area run-off, ini menjadi salah satu yang terbaik di keseluruhan kalender MotoGP," kata dia lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Usai Tes Pramusim, Bos Dorna Bicara Kelebihan dan Kekurangan Sirkuit Mandalika", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/14/164028215/usai-tes-pramusim-bos-dorna-bicara-kelebihan-dan-kekurangan-sirkuit.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm