Aktris Prilly Latuconsina saat ditemui dalam konferensi pers film Kukira Kau Rumah di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Senin (31/1/2022).
Aktris Prilly Latuconsina saat ditemui dalam konferensi pers film Kukira Kau Rumah di XXI Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Senin (31/1/2022). ( (KOMPAS.com/FIRDA JANATI))

Disebut Tidak Bersyukur, Prilly Latuconsina Jawab Aku Malah Makin Stres

17 Februari 2022 09:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktris Prilly Latuconsina mengingatkan orang dengan gangguan kesehatan mental supaya jangan salah memilih orang terdekat sebagai tempat curhat.

Dalam siaran langsung di Instagram, Prilly Latuconsina menyebutkan cara terbaik mengetahui permasalahan mental adalah konsultasi ke psikolog.

"Jangan sampai kita diagnosis diri sendiri, bisa salah, karena kalau misalkan emang sudah parah banget itu pasti memerlukan bantuan obat dan itu tidak bisa beli sendiri harus ada resepnya dari psikiater," ujar  Prilly Latuconsina saat live Instagram, Rabu (16/2/2022).

Bintang film Kukira Kau Rumah ini menuturkan, apabila terkendala biaya, dukungan dari orang terdekat bisa menjadi pertolongan paling cepat.

"Pertolongan paling cepat itu adalah ke support system dari orang terdekat kamu, enggak harus ke orangtua, pasangan, siapapun yang kamu percaya," kata  Prilly. Namun, Prilly mengingatkan untuk hati-hati dalam memilih orang terdekat sebagai tempat keluh kesah.

Karena, bintang film Danur itu mengaku memiliki pengalaman yang tak mengenakan ketika salah memilih teman curhat.

"Responnya gini 'ya ampun seorang Prilly Latuconsina masih bisa stres, enggak bersyukur banget sih, rumah lo udah bagus, udah gini gini'. Itu sering banget aku alami, jadi aku malah makin stres kan," tambahnya. Karena itu, Prilly mengingatkan agar tidak ada lagi yang mengalami hal serupa seperti dirinya.

"Kalau kita sama curhat sama orang yang benar, orang itu enggak akan kelihatan background kita, enggak akan lihat kita punya apa. Tapi, akan memberikan kita kekuatan akan memberikan kita energi positif." kata Prilly.

Menurut Prilly, penting bagi pengidap kesehatan mental untuk sering bercerita kepada orang terdekat yang dapat dipercaya.

"Cerita sama orang yang tepat dan dapat support system yang benar-benar bisa support dan enggak menilai kamu dari luarnya doang," imbuh artis berusia 25 tahun itu. Diketahui, Prilly Latuconsina mengaku mengidap Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

PTSD merupakan gangguan kecemasan yang membuat penderita teringat kejadian traumatis.

Prilly rutin konsultasi ke psikolog terkait kondisi mentalnya. "Aku memang ke psikolog, aku mengidap post traumatic stress disorder. Jadi aku tahu banget rasanya ke psikolog, tahu banget merasakan itu bagaimana," ucap Prilly Latuconsina saat ditemui di kawasan Tangerang, Banten, Jumat (4/2/2022).

Aktris kelahiran Oktober 1996 itu mengaku terakhir kali konsultasi ke psikolog pada tahun lalu. Adapun dalam film Kukira Kau Rumah, Prilly pun memerankan sebagai wanita yang memiliki gangguan mental bipolar.

Untuk mendalami perannya, Prilly konsultasi ke psikolog hingga bertemu dengan teman-teman penyintas dari komunitas Bipolar Care Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dibilang Tidak Bersyukur, Prilly Latuconsina: Aku Malah Makin Stres", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/02/16/211530166/dibilang-tidak-bersyukur-prilly-latuconsina-aku-malah-makin-stres?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm