Pengawal tahanan Wandri saat mengikuti vaksin booster di Aula Kejari Bangka Barat, Selasa (18/01/2022).
Pengawal tahanan Wandri saat mengikuti vaksin booster di Aula Kejari Bangka Barat, Selasa (18/01/2022). ( Bangkapos.com/Rizki Irianda Pahlevy)

Kasus Covid-19 di Babel Meningkat, Hingga Vaksinasi Lebih Difokuskan

18 Februari 2022 16:49 WIB

SONORABANGKA.IDKasus Covid-19 di Bangka Belitung kini makin  meningkat.

Dalam mengatasi pandemi Covid-19, satu diantara upaya pemerintah yaitu dengan vaksinasi untuk membentuk herd immunity (kekebalan kelompok).

Berdasarkan data hingga tanggal 17 Februari 2022, cakupan vaksinasi dosis pertama sudah menyentuh persentase 82,55 persen.

Juru Bicara Vaksinasi sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo menyebutkan untuk menekan kasus terpapar dan kematian, pemerintah provinsi fokus mencapai cakupan vaksinasi dosis kedua dan ketiga.

"Pada dasarnya kita sedang melakukan percepatan booster dan dosis kedua. Supaya angka kesakitan kita berkurang, vaksin itu setidaknya walau masih terpapar tetapi keparahan tidak terjadi dan diumumkan pemerintah pusat yang meninggal itu 68 persen belum divaksin," kata dr Bangun, Jumat (18/2/2022).

Dia menambahkan bagi masyarakat yang belum divaksin dosis kedua segera untuk melakukan vaksinasi.

Dari data cakupan vaksin kedua  Bangka Belitung sebanyak 67,63 persen, Bangka Selatan tercatat menjadi kabupaten yang persentase cakupan masih rendah yakni 59,77 persen.

"Iya Bangka Selatan masih terendah, kita evaluasi juga ini, kenapa cakupan kedua rendah, kalau sudah tahu perihalnya nanti kita akan tahu strategi ditingkatkan, kita berikan edukasi ke masyarakat bahwa vaksin tak cukup sekali harus vaksinasi lengkap,"ujar Bangun.

Tak hanya itu, cakupan vaksinasi booster juga bakal digempur dengan  masyarakat sudah memenuhi syarat yakni menerima vaksin kedua dengan rentang 6 bulan.

Untuk percepatan booster, pemerintah juga telah melakukan beberapa kali vaksinasi booster massal di beberapa instansi.

"Booster terus kita upayakan percepatan, beiring dengan vaksinasi kedua, serta sisa cakupan dosis pertama juga akan kita percepat,"tambah Bangun.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Kasus Covid-19 di Bangka Belitung Meningkat, Vaksinasi Difokuskan Dosis Dua Hingga Booster, https://bangka.tribunnews.com/2022/02/18/kasus-covid-19-di-bangka-belitung-meningkat-vaksinasi-difokuskan-dosis-dua-hingga-booster.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm