Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok(Dok. Yamahamotogp.com)
Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok(Dok. Yamahamotogp.com) ( kompas.com)

Yamaha Fokus Dapat Perpanjang Kontrak Quartararo Untuk Musim Depan

19 Februari 2022 18:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Fabio Quartararo berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2021 bersama Yamaha di tahun pertamanya di tim pabrikan. Tapi, pebalap asal Perancis itu membuka peluang bagi pabrikan lain untuk pindah tim.

Latar belakangnya adalah performa motor balap YZR-M1. Menurut Quartararo dan data yang ada, Yamaha M1 mempunyai top speed yang paling rendah di antara pabrikan lainnya.

Quartararo mengatakan, dirinya meminta kepada Yamaha untuk meningkatkan top speed YZR-M1 musim ini. Tapi, peningkatan yang dilakukan cuma sedikit dan top speed juga masih sama.

Juara dunia bertahan itu mengaku tidak menutup pintu bagi pabrikan lain yang memiliki tawaran lebih menarik. Hal ini dapat terjadi kalau ternyata M1 jauh dari kata kompetitif di musim ini.

Namun demikian, Yamaha yakin dapat mempertahankan Quartararo untuk musim 2023. Walaupun, banyak godaan dari pabrikan lain untuk pindah.

"Bagi kami, Fabio adalah prioritas pertama. Kami tetap melakukan kontak hampir setiap hari dengan manajemennya dan kami mengajukan program kami," ujar Massimo Meregalli, Manajer tim Monster Energy Yamaha MotoGP, dikutip dari Motorsport.com, Sabtu (19/2/2022).

Meregalli mengatakan, Yamaha mencoba cari jalan untuk mencapai kesepakatan secepat mungkin. Menurutnya, normal saja kalau Quartararo mendapat tawaran dari pabrikan lain.

"Tapi, kami yakin dan kami akan lakukan apa yang kami bisa untuk mengamankan dirinya untuk dua tahun berikutnya atau lebih," kata Meregalli.

Meregalli menambahkan, tentunya selama Quartararo belum tanda tangan, berarti pintu masih terbuka. Meregalli yakin Quartararo akan mengevaluasi semua tawaran yang datang dan memilih yang terbaik.

"Anda tahu apa yang Anda punya, Anda tidak tahu apa yang akan Anda punya. Menurut saya, ini adalah nilai yang berat dan kami selalu bekerja dengan baik bersamanya," ujar Meregalli.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Yamaha Fokus Perpanjang Kontrak Quartararo Untuk Musim Depan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/19/074200415/yamaha-fokus-perpanjang-kontrak-quartararo-untuk-musim-depan.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm