Pelat nomor Thailand pada skutik bergaya Thailook(Instagram Thailook Indonesia)
Pelat nomor Thailand pada skutik bergaya Thailook(Instagram Thailook Indonesia) ( kompas.com)

Motor Menggunakan Pelat Nomor Thailand Siap-siap Didenda Rp 500.000

24 Februari 2022 21:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Gaya atau aliran modifikasi pada sepeda motor bermacam-macam. Salah satunya yang banyak diterapkan oleh pengendara motor adalah thailook.

Thailook sendiri adalah gaya modifikasi yang berkiblat pada gaya yang berkembang di Thailand. Gaya ini banyak diusung pada motor bebek atau skuter matik (skutik).

Banyak pecinta modifikasi yang mengaplikasikan gaya thailook secara maksimal. Bahkan, sampai menggunakan pelat nomor dengan gaya Thailand.

Baru-baru ini, viral di media sosial video pemilik motor yang ditilang karena menggunakan pelat nomor bergaya Thailand tersebut. Dalam video tersebut, motor yang digunakan adalah motor bebek Honda Revo.

Aturan penggunaan Tanda Nomor Kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat nomor sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Pada pelat nomor kendaraan, sudah ditentukan spesifikasi teknisnya. Bukan cuma tercantum nomor saja, namun ada ketentuan panjang hingga lebarnya.

Dalam UU LLAJ, dijelaskan juga bahwa TNKB harus memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan. Kendaraan yang tidak dipasangi atau dilengkapi TNKB yang ditetapkan oleh Polri dapat dikenakan sanksi dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Menggunakan pelat nomor Thailand masih diizinkan jika hanya untuk kebutuhan kontes modifikasi atau pameran. Tapi, bila digunakan di jalan raya tentu melanggar aturan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Motor Pakai Pelat Nomor Thailand Siap-siap Didenda Rp 500.000", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/24/160420915/motor-pakai-pelat-nomor-thailand-siap-siap-didenda-rp-500000.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm