Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bangka Tengah, Ahmad Syukri.
Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bangka Tengah, Ahmad Syukri. ( Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Keberangkatan 94 Jemaah Haji di Bangka Tengah Belum Pasti, Syukri Sebut Tunggu Aturan Arab Saudi

26 Februari 2022 09:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah belum bisa memastikan kapan jadwal keberangkatan jemaah haji yang sudah tertunda 2 tahun lamanya.

Menurut Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bateng, Ahmad Syukri, sampai kini pihaknya belum mendapatkan informasi terkait pelaksanaan ibadah haji.

Selain itu, keberangkatan jemaah umrah justru terus berlangsung hingga hari ini.

"Kalau umrah, sampai hari kemarin pun tetap ada yang berangkat. Cuma untuk haji ini kami belum tau kapan," ucap Syukri saat diwawancarai Bangkapos.com, Jumat (25/2/2022).

Dia menuturkan, sampai saat ini ada sebanyak 94 jemaah haji di Kabupaten Bangka Tengah yang menunggu jadwal keberangkatannya.

Jumlah tersebut adalah jemaah haji pada tahun 2020 lalu yang keberangkatannya terus diundur karena pandemi Covid-19.

"Jadi jemaah yang tahun 2020 lalu seharusnya berangkat pada tahun 2022 ini. Tapi tahun ini pun belum jelas apakah jadi berangkat atau ditunda lagi sampai tahun 2023 nanti," tambahnya.

Syukri mengatakan, jika memang pada tahun ini pelaksanaan ibadah haji dibuka kembali, maka ada kemungkinan kuota jemaah yang diperbolehkan oleh pemerintah Arab Saudi tidak 100 persen.

"Kita tunggu saja ketentuan pemerintah Arab Saudi sebagai tuan rumah. Kita berharapnya semua jemaah bisa berangkat," kata dia.

Oleh sebab itu, pihaknya belum bisa mengekspos apapun yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm