Ilustrasi Router
Ilustrasi Router ( KOMPAS.com)

Apa Kepanjangan dari Modem dan Bagaimana Cara Kerjanya?

1 Maret 2022 07:37 WIB

SonoraBangka.ID - Modem menjadi salah satu perangkat yang penting untuk menghadirkan layanan internet di rumah. Kemungkinan, belum banyak yang mengetahui apa kepanjangan dari modem.

Modem adalah kepanjangan dari modulator-demodulator, yaitu sebuah perangkat yang memungkinkan komputer dan router untuk mengirim dan menerima informasi melalui jaringan seperti internet.

Secara umum, fungsi utama modem adalah mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, lalu mengubah sinyal analog kembali menjadi sinyal digital.

Bagian modulator dari modem akan mengubah informasi digital dari komputer menjadi sinyal analog yang kemudian dapat dikirim ke perangkat penerima (receiver) seperti telepon, DSL, atau saluran kabel.

Setelah sampai di perangkat receiver, demodulator lalu mengubah sinyal analog kembali menjadi sinyal digital di komputer. Meskipun di era modern penggunaannya kian masif, modem sudah dikembangkan sejak tahun 1920-an. Lantas, bagaimana sejarahnya?

Modem Pertama

Sejarah Modem

Modem paling awal muncul pada tahun 1920-an. Saat itu, modem memiliki fungsi utama untuk mentransfer data melalui kabel telepon sehingga kantor berita dapat menyebarkan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain lebih cepat daripada menggunakan metode tradisional.

Kemudian pada tahun 1940-an, modem mulai digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat untuk menyampaikaikan informasi intelijen selama perang dingin dengan Uni Soviet.

Berlanjut hingga 1959, perangkat modem terus berevolusi hingga Bell Laboratories (anak perusahaan AT&T sebuah perusahaan telekomunikasi Amerika) membuat modem bernama Bell 101 yang memiliki kecepatan 110 bit/s dan mulai digunakan secara komersial.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm