Jenazah aktris Thailand, Nida Patcharaveerapong ditemukan mengambang di Sungai Chao Phraya pada Sabtu (26/2/2022).
Jenazah aktris Thailand, Nida Patcharaveerapong ditemukan mengambang di Sungai Chao Phraya pada Sabtu (26/2/2022). ( (Instagram/melonp.official))

Beredar Foto Jenazah Tangmo Nida, Polisi Thailand Beri Peringatan Keras

4 Maret 2022 10:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Kepolisian Thailand memberi peringatan keras kepada siapapun yang menyebarkan foto jenazah aktris Thailand Tangmo Nida yang meninggal karena tenggelam di Sungai Chao Phraya.

Diketahui sebelumnya, netizen dibuat geger dengan beredarnya foto-foto jenazah Nida Patcharaveerapong atau dikenal Tangmo Nida.

Luka di bagian tubuh Tangmo ramai menjadi sorotan di kalangan netizen. Dengan semakin beredar luasnya foto-foto jenazah Tangmo, kepolisian Thailand akhirnya mengeluarkan peringatan supaya  tidak lagi menyebarkan foto-foto jenazah Tangmo di sosial media.

Mereka hanya mau masyarakat menghormati keluarga yang ditinggalkan. "Saya ingin mengingatkan pada siapa saja yang melakukan ini agar mengingat keluarga, orang tercinta dan kerabat yang kehilangan, di mana mereka sudah mengalami cukup rasa penyesalan," ujar Yingyot Thepchamnong, juru bicara polisi.

"Publikasi gambar, video atau media lain yang dianggap tidak melindungi hak-hak orang yang meninggal, semakin memperburuk kehilangan, kesedihan, luka mental (keluarga yang ditinggalkan),"tambahnya.

Oleh sebab itu, olisi juga tak segan memberikan hukuman kurungan ataupun denda bagi orang yang masih melanggar peringatan tersebut.

Ancaman hukuman itu sesuai dengan hukum yang berlaku di Thailand.  Di mana dalam peraturan yang ada disebutkan bahwa siapapun yang melakukan tindakan tidak menghargai jenazah bakal dikenakan hukuman penjara tidak lebih dari tiga bulan atau denda tidak lebih dari 5.000 baht (Rp 2,2 juta).

Diberitakan sebelumnya, Tangmo Nida ditemukan tewas mengambang di Sungai Chao Phraya pada Sabtu (26/2/2022) setelah dua hari menghilang. Sebelum hilang, Tangmo menikmati waktu bersama dengan lima temannya di atas speedboat.

Jenazah Nida ditemukan sekitar satu kilometer dari tempat dia jatuh, dekat Jembatan Rama VII di Provinsi Nonthaburi, barat laut Bangkok. Polisi menduga Nida meninggal dunia lantaran jatuh dari speedboat usai berlayar di sepanjang sungai pada Kamis malam.

Hanya saja kasus ini semakin ramai dibicarakan usai  foto-foto jenazah Tangmo beredar dan disebut banyak kejanggalan dalam kondisi tubuh Tangmo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Foto Jenazah Tangmo Nida Beredar, Polisi Thailand Beri Peringatan Keras", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/03/04/101554266/foto-jenazah-tangmo-nida-beredar-polisi-thailand-beri-peringatan-keras?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm