Ilustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraan(blogpspot)
Ilustrasi power outlet, lighter port, pengisi daya pada kendaraan(blogpspot) ( kompas.com)

Apakah Boleh Isi Powerbank di Kabin Mobil?

6 Maret 2022 18:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Peristiwa kebakaran bus di Jalan Tol Pandaan-Malang Kilometer 61 arah Malang, Jawa Timur, Minggu (6/3/2022), memberikan pelajaran agar tidak sembarang memakai arus daya yang tidak sesuai pada kendaraan.

Tak terkecuali pada mobil pribadi yang juga sudah dilengkapi dengan soket pengisian daya.

Soket ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pengisian daya, mulai dari baterai ponsel, powerbank hingga laptop.

Lantas amankan melakukan pengisian daya tersebut di kabin mobil?

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, mengisi daya powerbank di mobil sebetulnya aman untuk dilakukan, hanya saja harus tetap diawasi ketika melakukan pengisian daya.

“Untuk powerbank menurut saya aman saja, karena sudah dilengkapi dengan sekring, namun tetap diawasi saat charge. Tetapi kalau mau charger laptop sebaiknya menggunakan inverter dari DC ke AC,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (6/3/2022).

Tapi Didi menegaskan, bahwa hal tersebut tidak dianjurkan. Masalahnya, kelistrikan di dalam mobil tidak stabil kadang naik dan turun, sehingga bisa merusak powerbank itu sendiri.

Selain itu, penggunaan power output untuk mengisi powerbank bisa memengaruhi masa usia aki.

“Walaupun kemungkinan sangat kecil, bahaya atau risiko itu tetap ada. Kalaupun terpaksa, jangan terlalu lama,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bolehkah Isi Powerbank di Kabin Mobil?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/06/152100415/bolehkah-isi-powerbank-di-kabin-mobil-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm