Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar acara Pembentukan Gugus Tugas dan Komitmen Penerapan KLA Tahun 2022 di Ruang Studio Perencanaan Pulau Kelapan BAPPELITBANGDA, Rabu (9/3/2022).
Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar acara Pembentukan Gugus Tugas dan Komitmen Penerapan KLA Tahun 2022 di Ruang Studio Perencanaan Pulau Kelapan BAPPELITBANGDA, Rabu (9/3/2022). ( Ist/ Diskominfo Basel)

Pemkab Basel Gelar Rakor Pembentukan Gugus Tugas dan Komitmen Penerapan KLA Tahun 2022

10 Maret 2022 15:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar acara Pembentukan Gugus Tugas dan Komitmen Penerapan KLA Tahun 2022 di Ruang Studio Perencanaan Pulau Kelapan BAPPELITBANGDA, Rabu (9/3/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka percepatan terwujudnya Kabupaten Bangka Selatan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA),

Acara ini dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi dan dihadiri oleh Kapolres Basel diwakili Kasat Binmas Polres Bangka Selatan AKP Ekhard Rustam, Kepala Kejaksaan Basel yang diwakil oleh Kasi Pidsus Kajari Basel Zulkarnain Harahap, S.H, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H. Mulyono, dan Kepala OPD di Lingkungan Kabupaten Bangka Selatan serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Debby Vita Dewi meminta kepada Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan dan Instansi Vertikal untuk mendukung percepatan Kabupaten Bangka Selatan menuju Kabupaten Layak Anak. 

"Dalam rangka mendukung dan percepatan Bangka Selatan menuju Kabupaten Layak Anak saya mohon kerjasamanya dengan hormat kepada seluruh Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan untuk sama- sama mendukung dan mengawal  penerapan kebijakan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Bangka Selatan, lalu mohon kerjsamanya kepada seluruh Instansi Vertikal dan Pemerintah Daerah, serta instansi non pemerintah baik BUMN, Perbankan, Dunia Usaha dan lain-lain yang ada di Kabupaten Bangka Selatan terutama instansi pelayanan publik untuk dapat menyiapkan ruang laktasi dan pojok ruang bermain anak," terangnya.

Lebih lanjut, Debby juga mewajibkan kepada OPD yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan untuk berperan aktif dalam mendukung percepatan sesuai dengan tugas masing-masing.

"Selanjutnya untuk mendukung percepatan Kabupaten Layak Anak Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan mewajibkan kepada :

1. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk dapat memastikan seluruh sarana dan prasarana dan sistem pendidikan sekolah agar ramah anak sebagai aplikasi deklarasi sekolah ramah anak.

2. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk danKeluarga Berencana untuk dapat memastikan sarana, prasarana dan pelayanan kesehatan ramah anak di seluruh rumah sakit, puskesmas, pustu dan unit pelayanan kesehatan.

3. Kepada seluruh camat diminta komitmennya untuk mewujudkan seluruh kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan sebagai kecamatan layan anak sampai dengan kelurahan layak anak.

4. Kepada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk menyiapkan usulan Perda dan Regulasi lainnya serta rencana akso daerah terkait kebijakan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Bangka Selatan dan lainnya.

5. Kepada BAPPELITBANGDA dan BAKUDA untuk memastikan dukungan program, kegiatan dan anggaran penerapan kebijakan Kabupaten Layak Anak.

6. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika untuk memastikan pada Radio Junjung Besaoh agar menyiapkan program/siaran pro anak.

7. Kepala Seluruh Perangkat Daerah, Instansi dan Lembaga yang berkontribusi langsung terhadap indikotar evaluasi Kabupaten Layak Anak untuk segera menyiapkan dan menyampaikan dan menyampaikan data kepda sekretariat Gugus Tugas dan menginput data sesuai indikator," papar Debby.

Terakhir Debby menyampaikan bahwa untuk selalu menggaungkan tagar "Go Basel Layak Anak" pada seluruh publikasi program/kegiatan  dan mengharapkan komitmen serta kerjasama untuk mendukung dan meraih Bangka Selatan Layak Anak.

"Saya juga meminta kepada Kepala Perangkat Daerah, Stakeholder, Masyarakat, Dunia Usaha dan yang hadir pada hari ini disetiap publikasi pada media sosial seluruh program/kegiatan apapun yang mendukung Bangka Selatan Layak Anak untuk dapat menggunakan Tagar "Go Basel Layak Anak", dan terakhir kami mengharapkan komitmen, dukungan dan kerjasama kita semua, semoga usaha yang kita lakukan ini mendapat Ridho dari Allah SWT dan Bangka Selatan bisa meraih predikat Kabupaten Layak Anak," pungkasnya.

 

SumberDiskominfo Bangka Selatan
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm