Donat
Donat ( unsplash.com)

Ternyata Ini 4 Hal yang jadi Penyebabnya,Donat Tidak Mengembang saat Digoreng?

11 Maret 2022 08:51 WIB

Bangkasonora.ID - Teman-teman pasti banyak yang suka makan donat. Selain bisa dibeli di toko roti terdekat, donat juga bisa kita buat sendiri di rumah, kok.

Pastikan kita menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Namun, bagi beberapa pemula, membuat roti donat tidak semudah yang dibayangkan.

Sering kali penyebab kegagalan ketika membuat donat adalah donat tidak bisa mengembang.

Akibatnya, donat yang sudah kita buat teksturnya jadi keras dan tidak enak. Lalu, sebenarnya apa yang menyebabkan donat tidak bisa mengembang, ya?

Oleh karena itu, teman-teman sebaiknya mengetahui beberapa kesalahan dalam membuat donat, seperti berikut ini. Yuk, simak! 

1. Jumlah Bahan Cair Kurang 

Kesalahan pertama adalah jumlah atau takaran bahan yang cair kurang seimbang. Untuk membuat adonan donat, kita membutuhkan bahan kering dan bahan cair.

Takarannya memang tidak sama, namun perbandingannya harus tepat. Bahan cair yang digunakan untuk membuat adonan donat terdiri dari, air, telur, santan, dan susu cair.

Jika bahan cair ini kurang banyak dibandingkan bahan kering, maka donat teksturnya tidak mengembang.

Jadi, teman-teman setidaknya menyiapkan 100 mililiter air dingin dan empat butir telur ayam untuk 500 gram tepung terigu, serta 200 gram kentang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm