Petugas mengawasi jalannya tes pramusim MotoGP 2022 hari kedua melalui layar monitor di ruang Race Control Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pras.(ANDIKA WAHYU)
Petugas mengawasi jalannya tes pramusim MotoGP 2022 hari kedua melalui layar monitor di ruang Race Control Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pras.(ANDIKA WAHYU) ( kompas.com)

Masuk ke Ruangan Race Control Sirkuit Mandalika, Pusat Kendali Balapan

15 Maret 2022 19:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sirkuit Mandalika terdiri dari banyak komponen penting. Salah satunya adalah ruangan Race Control, di mana ruangan ini menjadi jantung bagi ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Pada ruangan yang terletak di lantai 1 gedung utama Pertamina Mandalika International Street Circuit ini, pimpinan balapan, Clerk of Course (Co), beserta aparat akan bertugas mengawasi balapan.

Ruangan tersebut didominasi oleh tembok layar televisi raksasa yang berisi gambar dari kamera-kamera di sepanjang lintasan 4,31 kilometer tersebut.

Penempatan kamera di lintasan dibuat sangat detail. Dengan demikian, petugas yang berada di Race Control bisa mengikuti seorang pebalap, mulai dari keluar garasi pit, menempuh sepanjang lintasan, sampai kembali lagi ke garasi.

“Kita bisa memantau kendaraan tidak putus dari pit out sampai ke pit in dan kembali ke garasi. Kita bisa melihat dan mengontrol semua kejadian di lintasan,” ujar Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria dalam keterangan resminya.

Jumlah kamera yang dipasang di trek pun sangat fleksibel, tergantung kebutuhan event yang tengah bergulir, baik itu World Superbike (WorldSBK, MotoGP, maupun ajang balap lainnya.

“Saat ini ada 30 hingga 40 kamera yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bisa ditambah atau dikurangi,” kata Priandhi.

“Kamera terletak di sisi luar dan sisi dalam lintasan. Kalau ada kejadian, kamera bisa diputar, rotate, zoom close up secara digital, dan bisa dapat gambar bagus sekali,” ujarnya.

Priandhi menambahkan, dalam sebuah situasi darurat, pimpinan balapan bisa langsung melakukan ulasan kejadian dengan cepat dan komprehensif.

“Kalau ada kejadian, misalnya kecelakaan, petugas medis bisa zoom dari jauh apakah ini insiden biasa ataukah cukup parah, sehingga butuh lomba diberhentikan,” kata Priandhi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm