Ilustrasi menyalakan mesin mobil.(doityourself.com)
Ilustrasi menyalakan mesin mobil.(doityourself.com) ( kompas.com)

Ritual Peemeriksaan Ini Bisa Menekan Potensi Terjadinya Kecelakaan Saat Berkendara

21 Maret 2022 19:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Dilakukan Sebelum berkendara, baiknya pemilik kendaraan perlu memastikan komponen mobil aman dan dalam kondisi yang siap digunakan.

Rutinitas ini bisa menghindarkan pengemudi dari kemungkinan terjadinya kecelakaan, atau kondisi yang memaksa pengemudi berhenti darurat di pinggir jalan, di mana tindak kriminal sangat berisiko terjadi.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, pengemudi perlu memastikan sudah melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum berkendara, apakah sudah layak jalan atau belum.

"Perhatikan kondisi air aki, radiator, air wiper, tekanan angin ban, segitiga pengaman dan kunci roda, wajib tahu di mana letaknya. Serta, kotak P3K wajib ada," jelas Roslianna pada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Rosliana menekankan, dengan memastikan kendaraan layak jalan, pengemudi sudah pasti terhindar dari gangguan di jalan.

"Otomatis bagi pengendara wanita aman terhindar dari tindakan kriminal, apabila selama perjalanan kita tidak ada gangguan," ujar dia.

Selain itu, salah satu komponen mobil yang penting untuk dicek agar terhindar dari kecelakaan fatal adalah kondisi rem mobil.

Tindakan antisipasi yang bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan cepat secara berkala, untuk memastikan rem mobil berada dalam keadaan yang baik dan siap digunakan.

"Ada tindakan prefentif dan reaktif (dalam mengatasi rem blong). Prefentifnya, cek komponen-komponen rem setiap hari, saat pagi sebelum berkendara," kata Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Komponen-komponen rem yang bisa dicek secara visual, lanjutnya, adalah pringan, selang dan minyak rem. Kemudian, brake check juga dilakukan dengan melihat apakah ada hal-hal tidak biasa pada rem.

Terakhir, ia mengatakan bahwa pengemudi perlu menggunakan engine brake untuk memperlambat laju kendaraan ketika akan berhenti. Sehingga, kerja rem tidak terlalu berat.

"Biasakan ngerem secara smooth dan hindari menginjak pedal rem secara kasar, yang membuat kerja rem semakin berat," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ritual Pengecekan Ini Bisa Menekan Potensi Kecelakaan Saat Berkendara", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/21/142100415/ritual-pengecekan-ini-bisa-menekan-potensi-kecelakaan-saat-berkendara.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm