Ilustrasi
Ilustrasi ( shutterstock)

Apakah Kamu Memiliki Kepercayaan Diri yang Rendah? Ketahui 8 Tandanya

30 Maret 2022 21:03 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu sifat baik yang harus dimiliki oleh semua orang adalah percaya diri. Namun, beberapa orang justru sulit memilikinya. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal.

Dikutip dari BetterHealth, penyebab itu mencakup masa kecil yang tak bahagia karena orangtua sangat keras, masalah hidup yang berat hingga memicu stres, hingga penyakit mental, seperti depresi.

Perilaku-perilaku itu kerap kali memberikan tekanan, sehingga apabila tak bisa mencapainya, kita justru sering menyalahkan diri sendiri.

"Kita diajarkan untuk bersikap keras pada diri sendiri dan malu akan segala sesuatu, mulai dari tindakan dan penampilan," ungkap narator dalam siniar Semua Bisa Cantik musim ketiga pada episode bertajuk "Yura Yunita: Merayakan Ketidaksempurnaan Diri".

Untuk itu, agar kita lebih peduli terhadap krisis kepercayaan diri, ada beberapa tanda yang harus diwaspadai.

Lantas, apa saja tanda-tanda itu?

1. Sensitif Terhadap Kritik

Melansir dari WebMD salah satu indikator kita memiliki kepercayaan diri yang rendah adalah sensitif terhadap kritik dari orang lain.

Kritik justru akan dianggap sebagai penghalang validasi bahwa kita itu sempurna. Selain itu, kita akan menganggap diri tak mampu melakukan hal dengan baik dan benar.

Padahal, kritik berfungsi untuk membangun diri menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, orang dengan kepercayaan diri rendah akan menganggap itu sebagai tekanan dan sulit berpikir positif.

2. Enggan Bersosialisasi

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm