Ilustrasi minyak goreng curah.
Ilustrasi minyak goreng curah. ( (KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA))

Risma Katakan BLT Minyak Goreng Akan Disalurkan, Diupayakan Selesai Seminggu Sebelum Lebaran

13 April 2022 17:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebutkan bahwa Kemensos mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng.

Adapun BLT minyak goreng disalurkan pemerintah sebagai kebijakan menyusul terjadinya kelangkaan dan melambungnya harga dari kebutuhan pokok tersebut.

Menurut Risma, penerima BLT ini mencapai 20.650.000 orang. "Sudah kita bagi, jadi kita top up, kan penerimaan mereka, penerimaan sekitar 20.650.000 itu nanti kita top up," ujar Risma ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Ia mengatakan bahwa masyarakat penerima BLT minyak goreng adalah mereka yang masuk Program Keluarga Harapan (PKH). Adapun bantuan yang diterima sebesar Rp 100.000 tiap bulannya. "Dia nanti nerima bantuan, yang PKH ya PKH. Nanti di-top up Rp 100.000 kali 3 bulan, Rp 300.000," katanya.

Ia menuturkan, BLT tersebut juga harus selesai disalurkan sebelum Mei 2022. Sebab, pada Mei nanti, masyarakat yang terdaftar dalam PKH akan menerima bantuan sosial (bansos) reguler seperti biasa. Walau demikian, Risma mengaku tak mengetahui berapa jumlah total BLT yang mulai digelontorkan.

Ia juga berharap BLT itu dapat tersalurkan seluruhnya seminggu sebelum Lebaran."Ini sudah disalurkan, enggak tahu persis (jumlahnya) tetapi sudah. Sudah proses. Insya Allah seminggu sebelum Lebaran (selesai)," tambah Risma.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta supaya BLT minyak goreng segera disalurkan. Ia pun menekankan agar seluruh BLT dapat disalurkan ke seluruh provinsi di Tanah Air satu minggu sebelum Lebaran.

"Tadi sudah kami berikan dan kami harapkan tidak hanya di sini saja, nanti di seluruh provinsi di Tanah Air, BLT minyak goreng bisa segera disalurkan," ucap  Jokowi saat memberikan BLT minyak goreng kepada sejumlah pedagang kecil  di Pasar Rakyat Angso Duo Baru, Kota Jambi, Kamis (7/4/2022).

"Saya sudah minta sebelum Lebaran harus bisa diselesaikan, seminggu sebelum Lebaran," tambah Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Risma: BLT Minyak Goreng Mulai Disalurkan, Diupayakan Kelar Seminggu Sebelum Lebaran", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2022/04/13/17023211/risma-blt-minyak-goreng-mulai-disalurkan-diupayakan-kelar-seminggu-sebelum?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm