Ilustrasi anak berpuasa
Ilustrasi anak berpuasa ( Shutterstock/diplomedia)

Bantu Mendukung Kesuksesan Saat Dewasa, Ini 5 Manfaat Puasa Bagi Anak

23 April 2022 13:29 WIB

SonoraBangka.id -  Tahun ini mungkin ada sebagian dari kita yang mulai mengajak si kecil untuk menjalankan ibdah berpuasa.

Ya, meskipun anak-anak yang belum memasuki pubertas belum diwajibkan berpuasa, tidak ada salahnya mengajarkan anak puasa sejak dini.

Lantas apa, sih, dampak berpuasa bagi si Kecil? Menurut psikolog anak Ayoe Sutomo, M.Psi, Psikolog, setidaknya ada 5 manfaat puasa bagi anak-anak.

1. Memperkenalkan Religiositas

Puasa jadi sarana bagi orangtua untuk memperkenalkan religiositas atau konsep agama. Yakni dengan mengenalkan anak konsep ibadah dan melatih anak melakukan ibadah.

“Perkenalkan esensi puasa kepada anak, seperti kenapa harus berpuasa dan apa makna puasa. Tentunya dengan bahasa yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak,” kata Ayoe.

2. Melatih Kesabaran

Mengajarkan anak untuk bersabar. Bukan sekadar bersabar menunggu waktu berbuka, lebih jauh saat berpuasa anak dilatih untuk memiliki kemampaun delayed gratification, yakni keterampilan untuk menunggu atau menunda sesutu yang bisa didapatkan saat ini atau instan dengan tujuan meraih sesuatu yang lebih baik.

Jadi saat berpuasa anak menunda makan yang sedikit untuk kemudian nanti saat buka puasa bisa makan dengan menu beragam, suasana yang berbeda dan tentunya sangat menyenangkan.

Rupanya keterampilan delayed gratification ini dapat membentuk pribadi yang tangguh dan tidak
manja, yang dipercaya berpengaruh terhadap masa depan anak yang lebih baik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm