Ilustrasi mudik naik motor(KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES)
Ilustrasi mudik naik motor(KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES) ( kompas.com)

Alasan Pemerintah Imbau Tidak Mudik Menggunakan Sepeda Motor

23 April 2022 19:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah RI mengimbau supaya seluruh masyarakat yang hendak lakukan aktivitas mudik Lebaran tahun ini tidak menggunakan sepeda motor agar terhindar dari potensi kecelakaan.

Apalagi, kalau mudik dilaksanakan bersama anggota keluarga dengan jarak berkendara yang jauh, mencapai 100 kilometer ke atas dalam keadaan berpuasa.

"Dalam kategori dan aturannya jelas bahwa sepeda motor itu untuk penggunaan jarak pendek, bukan jarak jauh," kata Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Suharto, dalam webinar, Sabtu (23/4/2022).

Lebih jauh, berdasarkan data Korlantas Polri dari tahun 2021, lanjut dia, tingkat kecelakaan di Indonesia yang merenggut nyawa mencapai sekitar 20.000 kasus.

"Artinya, dalam satu jam saja sudah tiga orang meninggal. Dan itu, 10 persennya adalah pengguna sepeda motor. Jadi betapa rawannya untuk menggunakan sepeda motor," katanya.

"Oleh karena itu, pemerintah melalui kebijakannya menghadirkan mudik gratis menggunakan berbagai moda transportasi umum yang ada," tambah Suharto.

Di samping itu, pemerintah pun menyiapkan kelayakan transportasi darat, laut, dan udara jelang periode mudik Lebaran 2022. Bahkan, bus dan truk diperketat untuk kenyamanan dan keamanan bersama.

Hanya saja memang saat ini program mudik gratis dari pemerintah sudah hampir penuh. Tapi Suharto tidak menyatakan data pastinya.

"Sekarang itu banyak sekali opsi supaya masyarakat tidak menggunakan sepeda motor, meski masih ada yang terpaksa. Harus terapkan safety riding," katanya.

"Mudik tahun ini akan kami terus evaluasi. Tahun depan, apakah akan kita tambah mudik gratis menggunakan bus, truk, kereta, atau kapal, lihat nanti," tutup Suharto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Pemerintah Imbau Tidak Mudik Pakai Sepeda Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/23/172116615/alasan-pemerintah-imbau-tidak-mudik-pakai-sepeda-motor.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm