Ilustrasi kolesterol tinggi.
Ilustrasi kolesterol tinggi. ( SHUTTERSTOCK/NELZAJAMAL)

Penting Diketahui, Ini 5 Mitos Soal Kolesterol yang Bikin Salah Paham

29 April 2022 09:56 WIB

SonoraBangka.id - Bukan rahasia lagi jika kolesterol dapat memicu beragam gangguan kesehatan, penyakit, bahkan hingga kematian.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat memicu berbagai penyakit kardiovaskuler, seperti hipertensi, stroke, bahkan serangan jantung.

Sayangnya, masih banyak kesalahpahaman yang beredar di masyarakat terkait kolesterol.

Kali ini kita akan membahas beberapa kesalahpahaman tersebut sehingga diharapkan dapat menyediakan informasi yang akurat dan kredibel terkait kolesterol.

Kolesterol bukan ancaman bagi anak-anak

Ini merupakah anggapan yang keliru. Risiko kolesterol dapat mengancam anak-anak, terutama yang memiliki faktor genetik dan riwayat penyakit kardiovaskuler pada keluarganya.

Kondisi ini dikenal dengan istilah familial hypercholesterolemia. Bila tidak teridentifikasi dan ditangani dengan cepat, maka kondisi ini dapat mengancam kesehatan sang anak daam jangka panjang.

Riwayat penyakit dalam keluarga yang perlu dikenali antara lain adalah artherosklerosis dan gangguan pada dinding pembuluh darah, riwayat serangan jantung dan hipertensi, serta penyakit jantung koroner.

Meski berisiko tinggi, namun bukan berarti anak dengan kondisi ini pasti memiliki kolesterol tinggi.

Terdapat beberapa bentuk pencegahan yang dapat dilakukan, seperti melakukan olahraga rutin, menghindari kebiasaan merokok, menjaga pola makan dan berat badan ideal, serta diagnosis tekanan darah berkala dan melakukan medical check up.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm