Indro Warkop dan Didin Bagito saat ditemui di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (23/5/2022). Keduanya menjenguk Miing Bagito yang baru saja menjalani operasi by pass jantung.
Indro Warkop dan Didin Bagito saat ditemui di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (23/5/2022). Keduanya menjenguk Miing Bagito yang baru saja menjalani operasi by pass jantung. ( (KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIO))

Miing Bagito Sempat Beri Wasiat Hingga Pengajian Sebelum Jalani Operasi

23 Mei 2022 21:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Komedian Miing Bagito baru-baru ini menjalani operasi By Pass jantung pada Sabtu (21/5/2022) di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara. Operasinya telah  berjalan lancar, Miing pun kini tengah dalam tahap pemulihan pascaoperasi.

Tetapi, sebelum menjalani operasi, Miing sempat dalam kondisi takut dan khawatir. Dia takut tak akan bertemu keluarganya lagi usai operasi.

Pada Kamis (19/5/2022), Miing Bagito menggelar pengajian kecil dan mengumpulkan sanak keluarganya. Hal tersebut diungkap istri Miing Bagito, Lisma Gumelar. "

Waktu itu kami sempat syok juga. Akhirnya kami periksa, satu malam, kami kumpulin. Kami bikin pengajian seperti perpisahan. Kami sudah hopeless. 'Saya tidak tahu setelah operasi ini masih ada apa enggak' kata Miing. Itu yang bikin saya sedih," ujar Lisma dalam konferensi pers yang digelar di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (23/5/2022).

"Saya sangat bersyukur sekarang cepat diketahui sakitnya dan masih bisa terobati," katanya.

Ketika pengajian, Miing bahkan sempat menangis dan memberikan beberapa wasiat. "Ini kejadiannya cepat sekali dan Mas Miing sudah kayak mulai diam, akhirnya kami kumpulin anak-anak, cucu semua, keluarga besar semua, sahabat. Di situ sedih, sangat sedih sekali kayak bau perpisahan. Ada wasiat-wasiat dan pesan juga," kata Lisma.

"Karena saking kagetnya. Tidak pernah terbayangkan Mas Miing berpenyakit ini secepat ini. Harus operasi by pass itu yang tidak terbayangkan," lanjutnya. Kini, Lisma mengaku sangat bersyukur melihat peningkatan kondisi kesehatan suaminya pascaoperasi.

"Ayah bersyukur sekali masih diberi kesempatan. Bersyukur karena langsung stabil lagi. Dan sekarang sudah bisa makan. Karena sebetulnya banyak yang tak tertolong kalau sudah 95 persen penyumbatan," ujar Lisma.

"Sekarang alhamdulillah bersyukur, banyak dikelilingi oleh orang yang sangat baik, teman sangat baik," tambahnya.

Miing diketahui mengalami penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah arteri koroner sehingga harus diatasi dengan operasi by pass jantung. Menurut penuturan dokter yang merawat Miing, operasi Miing Bagito secara keseluruhan berjalan dengan lancar.

Diketahui, sakit jantung koroner Miing Bagito terdeteksi lantaran Miing sering mudah merasa lelah usai menjalani olah raga. Setelah dicek, ternyata kondisinya sudah cukup parah.

Operasi by pass pun dilaksanakan lantaran menurut tim dokter, pemasangan ring tidak bisa menjadi jalan keluar terbaik. Sebenarnya, hari ini, Miing sudah bisa dipindahkan dari ruang operasi ke ruang perawatan biasa.

Tetapi, karena kadar hemoglobin (Hb) rendah, Miing masih harus menjalani transfusi darah terlebih dahulu hingga esok hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Miing Bagito Sempat Gelar Ungkap Wasiat sampai Pengajian Sebelum Jalani Operasi By Pass Jantung", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/05/23/205855066/miing-bagito-sempat-gelar-ungkap-wasiat-sampai-pengajian-sebelum-jalani?page=2.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm