Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022(Dok. Gresini Racing)
Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022(Dok. Gresini Racing) ( kompas.com)

Kualifikasi GP Italia, Fabio di Giannantonio Berhasil Pole Position, Motor Marquez Sempat Terbakar

28 Mei 2022 21:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Fabio di Giannantonio menjadi pebalap tercepat di kualifikasi (QTT) MotoGP Italia, Sabtu (28/5/2022). Diggia akan start paling depan saat balapan di Sirkuit Mugello, Minggu (29/5/2022).

Sesi kualifikasi di Q2 untuk menentukan posisi terdepan berlangsung ketat. Di awal sesi, pebalap Repsol Honda Marc Marquez mengalami high side parah dan membuat motornya terbakar.

Beruntung Marc tidak cedera. Tapi kejadian itu membut bendera merah berkibar dan membuat sesi kualifikasi yang baru dimulai diberhentikan sementara untuk membersihkan trek.

Marc sendiri susah payah untuk lolos ke Q2 dan mesti berjuang dulu di Q1. Di akhir Q1 catatan waktu Marc bersaing ketat dengan pebalap Ducati Lenovo Jack Miller.

Tapi di penghujung Q1 muncul pebalap Diggia dan pebalap KTM Miguel Oliveira mencuri posisi. Namun akhirnya Marc berhasil masuk Q2 berada di posisi kedua di belakang Diggia.

Tak disangka pebalap Gresini Racing yang tak diperhitungkan tersebut tampil luar biasa di kualifikasi. 

Di pertengahan Q2, Diggia memimpin di puncak dengan catatan waktu 1 menit 49,124 detik. Tak lama Diggia kembali mempertajam catatannya dengan waktu 2 menit 46,907 detik.

Di sisa waktu lima menit, Marc kembali ke lintasan dengan motor baru. Di sisi lain, di sisa empat menit, catatan waktu posisi satu sampai tiga semua diisi oleh pebalap tuan rumah.

Pebalap Pramac Ducati Johann Zarco kemudian mengambil alih posisi pertama dengan waktu 1 menit 46,875 detik.

Francesco Bagnaia sempat mengambil alih posisi pertama. Namun kemudian tak lama disalip Diggia dengan waktu 1 menit 46.410 detik dan dipangkas lagi jadi 1 menit 46.156 detik di lap terakhir.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm