Valentino Rossi saat seremoni mempesiunkan nomor start 46. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)(FILIPPO MONTEFORTE)
Valentino Rossi saat seremoni mempesiunkan nomor start 46. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)(FILIPPO MONTEFORTE) ( kompas.com)

Nomor Start 46 Punya Valentino Rossi Resmi Pensiun dari MotoGP

29 Mei 2022 18:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Nomor start 46 terkenal dengan Valentino Rossi. Usai pebalap Italia tersebut pensiun, nomor start itu pun ikut dipensiunkan.

Maksud dari nomor start tersebut dipensiunkan adalah tidak ada pebalap lain yang bisa menggunakan nomor 46. Khususnya, untuk para pebalap di kelas utama atau kelas MotoGP.

Seremoni tersebut sengaja dilakukan pada MotoGP Italia yang diselenggarakan pada Sirkuit Mugello. Seremoni dilakukan tepat di depan para penggemar Rossi di Italia.

Rossi juga diketahui punya rekor yang luar biasa balapan di Mugello. Dia pernah meraih kemenangan tujuh kali berturut-turut pada tahun 2002 hingga 2008.

Rossi mengatakan, perasaannya bercampur aduk saat melihat seremoni nomor start 46 yang selalu dia gunakan resmi dipensiunkan.

"Dari satu sisi, sangat sedih karena saya sudah selesai dan 46 dipensiunkan. Pada sisi lain, ini perasaan yang luar biasa, karena ini adalah cerita yang panjang, karir yang tidak terlupakan, penuh dengan momen luar biasa," ujar Rossi, dikutip dari Crash.net, Minggu (29/5/2022).

Rossi menambahkan, dirinya sangat bangga bisa berada di Mugello. Sebab, tempat spesial tersebut dianggap sebagai rumah.

"Ini juga bagus, karena saya selalu balapan dengan 46. Jadi, 46 sangat berarti bagi saya dan ini adalah nomornya Graziano, ayah saya," kata Rossi.

Menurut Rossi, 46 tidak cuma sekadar nomor, namun juga merupakan tanda. Pernyataan tersebut juga bukan sekadar kata-kata, karena 46 sangat identik dengan Rossi.

Rossi pensiun setelah 26 tahun balapan dan meraih sembilan gelar juara dunia dalam 115 kali balapan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nomor Start 46 Milik Valentino Rossi Resmi Pensiun dari MotoGP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/29/084100815/nomor-start-46-milik-valentino-rossi-resmi-pensiun-dari-motogp.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm