Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022). (AFP/JORGE GUERRERO)
Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022). (AFP/JORGE GUERRERO) ( kompas.com)

Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Hingga 2024

3 Juni 2022 20:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Usai menandatangani kesepakatan baru terkait perpanjangan kontrak dua tahun bersama pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo bakal bertahan bersama Tim MotoGP Yamaha hingga akhir musim 2024.

Kabar ini jelas menepis spekulasi terkait masa depan Quartararo yang disebut sudah menjalin komunikasi dengan pabrikan lain dan berpeluang hengkang dari Yamaha pada akhir musim ini.

Apalagi setelah performa motor YZR-M1 yang ditunggangi Quartararo tampil di bawah ekspektasi di awal musim.

Walau begitu, Yamaha dalam keterangan resminya mengatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk mempertahankan pebalap asal Perancis itu.

“Kami sangat senang telah mencapai kesepakatan dengan Fabio untuk melanjutkan bersama tim Monster Energy Yamaha MotoGP untuk tahun 2023 dan seterusnya,” ujar Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, dalam keterangan resmi (2/6/2022).

Jarvis mengatakan, pihaknya menarik Quartararo ke tim pabrikan pada tahun lalu, dan tidak menyangka bahwa pebalap berusia 23 tahun itu memiliki bakat khusus, bahkan melebihi ekspektasi tim.

“Dia sudah menunjukkan bakat dan kecepatannya dalam dua tahun bersama tim satelit SRT pada 2019 dan 2020, tetapi ketika dia melangkah ke tim pabrikan, kami benar-benar melihatnya tumbuh lebih kuat dan matang sebagai pebalap,” kata dia.

Tercatat, Quartararo sudah enam kali juara GP dan meraih 14 kali podium sejak tampil bersama Yamaha pada musim 2021.

Sementara pada musim ini, Quartararo baru menang sekali di GP Portugal. Tapi ia masih memimpin puncak klasemen sementara musim ini, terpaut delapan poin dari pebalap Aprilia Aleix Espargaro di posisi kedua.

“Di masa lalu, naik ke MotoGP bersama Yamaha dan kemudian ke tim pabrikan bukanlah hal yang sulit. Yamaha percaya pada saya sejak awal, dan itu adalah sesuai yang tidak bisa saya anggap enteng,” ucap Quartararo.

“Tapi bisa dikatakan, kesepakatan baru ini adalah keputusan besar. Saya berada di titik yang bagus dalam karir saya,” tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha sampai 2024", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/03/112200115/fabio-quartararo-bertahan-di-yamaha-sampai-2024.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm