Film komedi asal Swedia, Run Uje Run (2020).
Film komedi asal Swedia, Run Uje Run (2020). ( mubi.com)

Review Film Run Uje Run (2020)

8 Juni 2022 08:05 WIB

SonoraBangka.IDFilm komedi asal Swedia ini mengisahkan seorang popstar tahun 90-an, Uje Brandelius yang didiagnosis menderita penyakit Parkinson

Disutradarai Henrik Schyffert, film genre drama komedi ini dibintangi Uje Brandelius, Bixi Brandelius, Vega Brandelius, Therese Hörnqvist.

Berlatar di Bredäng, pinggiran Stockholm, Uje dan keluarganya dihadapkan beragam pertanyaan eksistensial dan bagaimana mereka berjuang dalam keseharian mereka.

Di film ini lo bisa temuin elemen keluarga, pertemanan, dan percintaan antara Uje dan istrinya. 

Di sini lo bisa lihat gimana usaha Uje untuk terus melanjutkan hidupnya seperti biasa tanpa memberi tahu semua orang, bahkan istrinya sendiri, soal penyakit Parkinson yang baru di deritanya.

 
 Uje mulai kesulitan melakukan hal-hal kecil bahkan sepele seperti mengikat tali sepatu anaknya. Bahkan, mirisnya ia sempat kesulitan memainkan alat musik kecintaannya, Piano.

Pekerjaannya sebagai announcer, hubungan dengan keluarga dan teman kantornya-pun mulai ada jarak dan muncul beragam masalah. Efek samping dari penyakit itu juga yang membuatnya seringkali jadi ceroboh. 

Tapi, meskipun ia sering menghadapi kesulitan, Uje tetap bersikukuh buat nggak kasih tau orang-orang terdekat soal penyakitnya.

Uje lalu memulai semuanya dari awal, ia mencoba berbagai hal. Mulai dari jadi stand up comedy, ikut kelas akting, bahkan ikut kelas seni. Semua ia lakukan biar ia tetap bisa melanjutkan hidupnya.

Apa dia bakal terus menutupi penyakit Parkinsonnya dari semua orang terdekatnya? Atau dia mulai mencoba mengungkapkan semua perasaannya selama ini? 

Jawabannya bisa lo temuin dengan ikut nonton di festival film Europe on Screen 2022, mau lewat online ataupun offline. Tenang aja, ini gratis kok!  (*)

SumberHai Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm