Ilustrasi kemangi
Ilustrasi kemangi ( shutterstock)

Ternyata 5 Tanaman ini Bisa Dijadikan Pembersih Rumah Alami, Mau Tahu?

11 Juni 2022 10:58 WIB

SonoraBangka.id - Dengan menggunakan tanaman herbal, ternyata kita bisa loh membuat sendiri bahan pembersih untuk rumah kita.

Ya memang tidak pernah ada ruginya menanam atau memiliki tanaman herbal di rumah. Selain bisa menjadi bumbu masakan, tanaman herbal juga memiliki banyak manfaat lainnya, termasuk membasmi kuman dan serangga.

Tidak hanya itu, tanaman herbal juga biasanya memiliki aroma yang harum, sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai pengharum ruangan alami di rumah Anda.

Namun demikian, ada lagi manfaat tanaman herbal yang mungkin tidak disangka, yakni sebagai pembersih di rumah. 

Kita bisa memanfaatkan tanaman herbal sebagai salah satu komposisi untuk membuat larutan atau bahan pembersih alami di rumah.

Melansir dari Kompas.com yang juga dilansir dari Hunker, berikut lima tanaman herbal yang bisa menjadi pembersih alami di rumah.

1. Basil atau kemangi untuk membuat sabun cuci tangan alami

Tanam kemangi atau basil dalam pot di dekat area berkumpul untuk mengusir lalat dan nyamuk.

Namun, Anda juga bisa memanfaatkan kemangi atau basil sebagai pembuat sabun cuci tangan alami.

Seduh 'teh' kemangi untuk melepaskan minyak wangi daunnya, yang memiliki sifat antibakteri, dan Anda akan menikmati mencuci tangan dengan sabun cair yang membersihkan dengan lembut dengan aroma herbal yang menenangkan dan tidak perlu pewangi buatan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm