Ilustrasi rendang ayam. Artikel ini telah tayang di Kom
Ilustrasi rendang ayam. Artikel ini telah tayang di Kom ( SHUTTERSTOCK/SRI WIDYOWATI)

Agar Bumbu Meresap dan Dagingnya Tak Hancur,Berikut Resep Rendang Ayam

15 Juni 2022 14:19 WIB

SonoraBangka.id - Resep rendang ayam bisa kamu ikuti untuk hidangan olahan ayam spesial di rumah. Sebelum kamu mengikuti resep rendang tersebut, ada baiknya kamu mengetahui cara masak rendang ayam yang benar.

Seperti cara pilih ayam yang tepat untuk dijadikan rendang, tambahan bahan pilihan yang membuat rendang ayam buatanmu menjadi enak, dan cara memasak rendang ayam yang pas agar bumbu meresap.  Dilansir dari beberapa sumber, simak cara masak rendang ayam berikut ini. Cocok untuk bekal makan siang. 

1. Jenis ayam untuk bikin rendang ayam 

Dilansir dari buku "Another Cooking With Love- Secret Recipes By Icha Irawan" (2022) oleh Another Cooking With Love- Secret Recipes By Icha Irawan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Dalam buku tersebut menyarankan untuk mengunakan ayam kampung sebagai bahan utama membuat rendang ayam.  Pasalnya, ayam kampung memiliki tekstur yang lebih keras dan enak karena cara memasaknya yang lama sehingga bumbu meresap sempurna ke dalam serat.  Selain ayam kampung, kamu juga bisa menggunakan ayam broiler untuk rendang ayam. Masukkan ayam di pertengahan saat bumbu rendang sudah mengental.  Hal tersebut merupakan cara memasak rendang ayam agar dagingnya tidak hancur. 

2. Beri garam secukupnya

Masih dalam buku yang sama, cara masak rendang ayam selanjutnya adalah gunakan garam secukupnya.  Pasalnya, semakin kering bumbu rendang akan semakin terasa asin. 

3. Cara potong ayam untuk rendang ayam 

Ditambahkan dari buku "Pusaka Nenek Moyang, Yang Pantang Disayang- KULINER MINANGKABAU" (2019) oleh Murdjiati Gardjito, Lia Muliani, Chairunisa C terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.  Gunakan daging ayam yang dipotong tidak terlalu besar dan tidak tertutup kulit. Tujuannya agar bumbu rendang banyak meresap ke dalam daging ayam.  Perlu kehati-hatian dalam memasak rendang ayam agar dagingnya tidak hancur dan cita rasanya gurih lezat.  Cara masak rendang ayam dalam buku tersebut adalah rendang ayam disajikan dalam keadaan kering karena adanya pemisahan rendang dan minyak. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Rendang Ayam agar Bumbu Meresap dan Daging Tidak Hancur", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/06/15/100300675/3-cara-masak-rendang-ayam-agar-bumbu-meresap-dan-daging-tidak-hancur?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm