Ilustrasi knalpot motor(Stanly/Otomania)
Ilustrasi knalpot motor(Stanly/Otomania) ( kompas.com)

Knalpot Motor Mengeluarkan Air Saat Mesin Sedang Dipanaskan, Pertanda Rusak?

23 Juni 2022 20:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebagai Pemilik sepeda motor pasti pernah mengalami knalpot keluar air saat mesin sedang dipanaskan.

Saat mengalami kondisi itu, timbul pertanyaan apakah wajar kalau air keluar dari knalpot motor pada saat dipanaskan?

Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya mengatakan selama motor belum pernah terendam banjir, itu tersebut merupakan hal yang wajar terjadi.

"Sebenarnya keluar air dari knalpot pada pagi hari saat memanaskan motor itu merupakan hal wajar, soalnya itu muncul dari reaksi kimia," kata Dwi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pada saat malam hari, ruang dalam knalpot terisi dengan udara dingin yang membuat lembab. Udara dingin tersebut menjadi embun atau uap yang pada saat knalpot dipanaskan akan membentuk cairan.

Begitu mesin motor dipanaskan, embun atau uap air akan terdorong keluar melalui lubang kecil pembuangan di bawah knalpot. Itu merupakan salah satu fungsi lubang kecil yang ada di bawah knalpot sepeda motor.

"Hal tersebut biasanya terjadi ketika kondisi mesin motor masih dingin dan kondisi knalpot masih dingin juga," kata Dwi.

Artinya, ketika suhu motor meningkat karena mesin dinyalakan, embun berubah menjadi air dan terdorong keluar dari knalpot.

Maka dari itu, pemilik motor tidak perlu khawatir untuk kejadian seperti ini. Kondisi ini kemungkinan lebih sering terjadi pada motor injeksi.

Knalpot lebih sering keluar air karena proses pembakaran mesin diatur secara presisi mendekati sempurna oleh pabrikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Knalpot Motor Mengeluarkan Air Saat Mesin Dipanaskan, Pertanda Rusak?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/23/132200515/knalpot-motor-mengeluarkan-air-saat-mesin-dipanaskan-pertanda-rusak-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm