Permukaan bumi adalah 71% air, sedangkan air yang boleh diminum hanya 3,5%.
Permukaan bumi adalah 71% air, sedangkan air yang boleh diminum hanya 3,5%. ( )

Hanya 3,5 Persen yang Boleh Diminum,dari Seluruh Air di Bumi,Mengapa ?

2 Juli 2022 07:36 WIB

Bangkasonora.ID - Kita tahu bahwa sebagian besar Bumi terdiri dari perairan, yang berupa lautan, danau, sungai, dan sebagainya. 

Menurut Livescience, permukaan Bumi terdiri dari 71 persen air, namun yang boleh diminum oleh makhluk hidup hanya 3,5 persennya. 

Dengan fakta tersebut, kita menjadi penasaran, mengapa hanya sedikit air yang boleh diminum, padahal ada banyak sekali air yang tersedia? 

Nah, untuk mencari jawaban dan penjelasan ilmiahnya, mari simak fakta-fakta berikut ini!

Air Laut Tidak Bisa Diminum

Air cair paling banyak berasal dari laut, namun air laut tidak boleh dan tidak bisa diminum. Sebab air asin tidak menghilangkan dahaga atau haus yang kita rasakan. 

Meskipun air asin sama-sama merupakan air, jenis air tersebut tidak sebaiknya diminum karena terlalu asin untuk diolah di dalam lambung. 

NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) menjelaskan tentang seberapa banyak garam di dalam air laut. 

Menurut NOAA, jika semua garam di air laut dihilangkan dan dipindahkan ke daratan, maka akan menjadi tumpukan garam yang tingginya mencapai 166 meter, atau setinggi gedung 40 lantai. 

Jadi, rasa asin dari air laut terlalu tinggi untuk diproses menjadi air yang aman untuk diminum manusia. 

Tag:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm