Yamaha French rider Fabio Quartararo competes during the MotoGP fourth free practice session of the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 4, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by Pau BARRENA / AFP)(PAU BARRENA)
Yamaha French rider Fabio Quartararo competes during the MotoGP fourth free practice session of the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 4, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by Pau BARRENA / AFP)(PAU BARRENA) ( kompas.com)

Pendapat Quartararo Usai Lihat Toprak Razgatlioglu Tes Motor MotoGP

4 Juli 2022 19:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap tim pabrikan Yamaha MotoGP Fabio Quartararo mengomentari juara dunia WorldSBK dari Yamaha Toprak Razgatlioglu yang belum lama ini menjajal motor Yamaha YZR-M1.

Quartararo mengatakan Toprak sebetulnya pebalap yang sangat berbakat dan walau baru menjajal M1 dia bisa mendorong motor hingga batasnya.

“Menurut pendapat saya, dia adalah pebalap yang sangat berbakat,” kata Quartararo mengutip Motorsport-Total.com, Senin (4/7/2022).

“Ini jelas gaya mengemudinya, bagaimana dia menangani motor sampai batasnya. Saya ingat penyelamatannya di Estoril di chicane terakhir, saya pikir itu dia memiliki apa yang diperlukan untuk pindah ke MotoGP," kata Quartararo.

Namun demikian Toprak tidak akan dipromosikan ke MotoGP musim depan. Pebalap asal Turki itu memiliki kontrak dengan Yamaha hingga akhir 2023.

Di sisi lain slot di tim pabrikan MotoGP sudah penuh diisi oleh Quartararo dan Franco Morbidelli sampai musim 2023. Tahun depan Yamaha tidak memiliki tim satelit artinya memang tidak ada tempat di MotoGP.

Di sisi lain Quartararo mengatakan kejuraan WorldSBK dan MotoGP sangat berbeda sebab motornya berbeda. Toprak memang menguasi motor Yamaha R1, tapi untuk bisa berkometisi dengan M1 tetap butuh waktu.

“Tentu saja ini cerita yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan Superbike. Selama tes Aragon, dia mengetahui bahwa itu adalah motor yang jauh lebih kaku dan lebih sulit untuk dikendarai,” kata El Diablo.

Quartararo mengatakan, mengacu pada hasil tes pada awal Juni memakai motor MotoGP, Toprak bisa sukses di kelas premier bila bersungguh-sungguh.

"Jika dia benar-benar termotivasi, dia juga bisa menjadi pebalap yang sangat cepat di MotoGP," kata Quartararo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komentar Quartararo Usai Lihat Toprak Razgatlioglu Tes Motor MotoGP ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/04/142100115/komentar-quartararo-usai-lihat-toprak-razgatlioglu-tes-motor-motogp-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm