Ilustrasi lebah madu
Ilustrasi lebah madu ( )

Gigitan dari 3 Serangga Ini Bisa Timbulkan Gejala Serius,Berbahaya Jika Diabaikan

8 Juli 2022 08:33 WIB

Bangkasonora.ID - Ada sekitar 850.000 serangga yang dikenal di seluruh dunia, menurut National Geographic. Beberapa di antaranya bisa menggigit dan menyengat manusia. 

Sengatan atau gigitan serangga bisa menimbulkan gejala yang berbeda-beda tergantung jenis serangga yang menyengat.

Digigit semut berukuran kecil dan tidak beracun memang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, ada juga jenis serangga yang bisa menimbulkan penyakit serius melalui gigitannya. 

Oleh sebab itu, gigitan atau sengatan serangga tidak boleh diabaikan. Penanganan yang terlambat dapat menimbulkan gejala serius bahkan membahayakan nyawa.

Nah, berikut ini beberapa serangga yang perlu kamu tahu bisa menyebabkan penyakit serius melalui gigitan atau sengatan. 

1. Nyamuk 

Meskipun nyamuk merupakan serangga yang mudah ditemukan di sekitar kita, gigitan nyamuk tidak boleh disepelekan.

Sebab, beberapa penyakit serius ternyata dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk. Misalnya, malaria dan penyakit kuning. 

Penyakit malaria ditularkan oleh gigitan nyamuk. Nyamuk yang dikenal dapat menularkan penyakit malaria disebut Nyamuk Anopheles. 

Mereka membawa makhluk mikroskopik bernama Plasmodium yang dapat menyebabkan demam, kejang, dan muntah berkepanjangan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm