peneliti menganggap tanah liat di Mars menunjukkan keberadaan air dalam jangka panjang.
peneliti menganggap tanah liat di Mars menunjukkan keberadaan air dalam jangka panjang. ( )

Bermimpi Pindah Planet? Ilmuwan Dunia: Tanah di Mars Layak Huni!

11 Juli 2022 12:50 WIB

SonoraBangka.ID - Menurut ilmuwan dunia, tanah di Mars menunjukkan kondisi yang mungkin mendukung kehidupan di planet tersebut.

Kondisi layak huni menurut tim peneliti, didasarkan pada air yang mengalir di tempat tersebut dari sekitar 3,8 miliar tahun yang lalu hingga sekitar 2,5 miliar tahun yang lalu. 

Sudah sejak lama para peneliti dan ilmuwan dunia terus eksplorasi planet Mars. Penelitian terbaru menunjukkan kalau salah satu bagian planet Mars dianggap mampu menampung suatu kehidupan.

Hal ini didapat melalui studi menyeluruh terhadap gambar yang diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter. Ini adalah sebuah wahana pengorbit yang didesain untuk mengelilingi dan memeriksa kandungan tanah di Mars secara detail.

“Berdasarkan gambar yang diperoleh para ilmuwan planet mengidentifikasi sedimen yang mengandung tanah liat di Ladon Valles utara, cekungan Ladon selatan, dan dataran tinggi barat daya di sekitar cekungan Ladon di planet Mars,” dikutip dari Science Alert pada Minggu (26/6) lalu.

Dari gambar itu juga, peneliti menganggap kalau tanah liat tersebut menunjukkan keberadaan air dalam jangka panjang. 

Selain itu, keberadaan air di sana juga terbentuk di bawah kondisi pH netral dengan penguapan air minimal.

Meskipun dari penelitian ini mulai menunjukkan tanda-tanda layak huni, tapi menurut ilmuwan ini bukan merupakan bukti kehidupan. Temuan ini hanya menunjukkan kondisi yang mungkin dapat mendukung kehidupan.

Gimana sob, kira-kira bakal seperti apa ya kehidupan di planet Mars nanti?

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm