PLN Uiw Babel Jalin Kerjasama dengan Pemkot Pangkalpinang
PLN Uiw Babel Jalin Kerjasama dengan Pemkot Pangkalpinang ( Ist)

PLN UIW Babel Gandeng Pemkot Pangkalpinang Kembangkan Bahan Bakar Jumputan Padat untuk Co-firing PLTU

13 Juli 2022 06:29 WIB

SONORABANGKA.ID - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung menggandeng Pemerintah Kota Pangkalpinang melakukan penandatanganan kerja sama terkait penyediaan Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) untuk Co-firing Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) dalam penyediaan listrik di Bangka Belitung.

Penandatanganan dilakukan oleh General Manager PLN UIW Babel, Amris Adnan bersama Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil serta Manager Unit Pelaksana Pembangkitan Bangka Belitung, Umar Farouk Andy Saputro bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang, Endang Supriyadi.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil yang kerap disapa Molen berharap kerja sama ini dapat menjadi solusi penanganan masalah sampah di Kota Pangkalpinang.

Dengan penduduk lebih dari 250ribu jiwa, jumlah sampah di Kota Pangkalpinang saat ini mencapai 150 ton/hari.

“Kami sangat mengapresiasi niat dan langkah terobosan dari PLN dalam mengatasi permasalah sampah ini, ini merupakan salah satu cita-cita kami untuk menciptakan Kota yang bersih dari sampah,” ucap Molen.

Molen menambahkan bahwa Pemerintah Kota Pangkalpinang siap membantu agar program Pengembangan BBJP ini berjalan dengan baik.

"Pemkot Pangkalpinang siap untuk berkolaborasi, bersinergi dan membagi tugas agar permasalahan sampah dapat tuntas. Pemerintah Kota Pangkalpinang bersyukur karena dengan kerja sama ini merubah sampah yang awalnya musibah bagi pemkot sekarang menjadi berkah." tambah Molen.

Sementara itu, General Manager PLN UIW Bangka Belitung, Amris Adnan mengatakan bahwa program BBJP ini sudah dilaksanakan diberbagai wilayah di Indonesia.

"Penandatangan Kesepakatan Bersama antara PLN dan Pemerintah Kota Pangkalpinang ini merupakan bentuk dari usaha PLN untuk mewujudkan energi baru terbarukan. Program BBJP ini juga telah dilaksanakan diberbagai wilayah di Indonesia, seperti PT Indonesia Power dengan Pemerintah Cilegon, PT PLN (Persero) dengan Pemerintah Kota Medan dan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) dengan Pemerintah Kota Pekanbaru," kata Amris.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm