Ilustrasi bakwan sayuran
Ilustrasi bakwan sayuran ( Shutterstock/Gina Pamungkas)

Camilan Anti Bosan, Berikut Ini Cara Membuat Bakwan Tuna

18 Juli 2022 16:00 WIB

SonoraBangka.id -  Ikan tuna adalah salah satu ikan laut yang sering dijadikan bahan masakan lezat. Ikan tuna dapat dengan mudah ditemukan pada perairan Indonesia. Indonesia menjadi salah satu penghasil ikan tuna di dunia, dikutip dari laman Kkp.go.id, daerah penyebaran ikan tuna meliputi Laut Banda, Laut Halmahera, perairan utara Aceh, dan selatan Jawa. Ikan tuna sendiri memiliki daging merah, sering dijadikan sashimi dan topping sushi. Selain itu ikan tuna juga nikmat dijadikan pepes, ikan bakar, dan bumbu kuning.  Bahkan kamu bisa membuat kreasi bakwan menggunakan ikan tuna sebagai bahan utama. Simak resep bakwan tuna berikut ini, dikutip dari buku "GEMAR MAKAN IKAN KREASI OLAHAN IKAN TUNA DAN SALMON" (2013) karya Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep bakwan tuna

Bahan:

200 gram daging ikan tuna, cuci, kukus dan suwir

100 gram wortel, iris seperti batang korek api

100 gram tepung terigu

200 gram santan encer

Minyak secukupnya, untuk menggoreng 1 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus Bumbu yang dihaluskan: 2 sdm irisan bawang putih 1 sdt irisan kencur 1 sdm irisan cabai merah 1 sdt garam

Cara membuat bakwan tuna:

1. Campur semua bahan bersama bumbu halus dan irisan daun jeruk. Aduk rata kecuali putih telur.

2. Kocok putih telur hingga kaku, campurkan ke dalam adonan hingga rata.

3. Panaskan minyak di wajan mini atau cetakan yang sudah diberi sedikit minyak. Tuangi adonan bakwan, goreng hingga berwarna kekuningan dan matang. Angkat dan tiriskan.

4. Hidangkan hangat bersama saus sambal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bakwan Tuna, Kreasi Camilan Anti Bosan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/07/17/210500475/resep-bakwan-tuna-kreasi-camilan-anti-bosan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm