Fery Insani
Fery Insani ( )

Pemprov Pastikan Persiapan G20 di Belitung Selesai Agustus Ini, Bappeda Sudah Surati 11 Kementerian

20 Juli 2022 14:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI memastikan jika pertemuan tingkat menteri pembangunan The Development Working Group (DWG) G20 yang bakal berlangsung di Belitung pada 7-9 September 2022 tetap berlangsung.

Hal ini disampaikan melalui surat bernomor B. 559/M.PPN/D.8/PP.06.01/07/2022, ditandatangani Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa pada tanggal 18 Juli 2022.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) memastikan persiapan perhelatan G20 itu akan rampung pada Agustus 2022 ini.

Berbagai persiapan sudah dilakukan baik pemprov dan pemda Belitung mulai dari infrastruktur jalan yang akan dilalui, tempat pertemuan, ketersediaan kamar hotel para tamu, akses internet hingga destinasi wisata yang dikunjungi para delegeasi internasional tersebut.

Optimis selesainya persiapan G20 di Belitung ini disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Bangka Belitung, Fery Insani kepada bangkapos.com, Rabu (20/7/2022).

Bahkan dalam hal ini, Bappeda Bangka Belitung telah menyurati 11 Kementerian dalam hal mendukung G20 di Belitung.

"Kami sudah berjalan persiapannya, Bappeda provinsi sudah menyurati 11 Kementerian, termasuk sarana kesehatan, kementerian perhubungan, PUPR, Kemenko, ada beberapa lagi lainnya, untuk mendukung G20, dalam hal merespon surat dari Bappenas,"kata Fery Insani.

Selain menyurati 11 Kementerian RI,  ia juga menyurati pihak maskapai Garuda dan Batik Air dalam hal mendukung G20.

"Terakhir kita menyurati maskapai, karena diminta untuk bisnis kelas yang terbang ke sana, kita minta tolong mereka ke sana. Semua hal yang dipersyaratkan sudah kami persiapkan, kalau bilang berapa persen (persiapan-red), saya tidak kompeten, mungkin Bappenas yang menyatakan. Sudah (bulan Agustus persiapan rampung-red)," ujar Fery.

Dia mengungkapkan persiapan yang telah mulai berlangsung saat ini dari kesiapan jalan dan destinasi wisata.

"Tanjung Kelayang sudah oke, jalan-jalan sudah dikerjakan, kita tunggu respon dari maskapai. Tapi prinsipnya sudah oke. Soal kunjungan, ada 10 destinasi wisata yang akan dikunjungi, sudah kami siapkan," ujarnya.

Hingga saat ini, dia memperkirakan bakal ada seribuan orang delegasi luar negeri yang telah terkonfirmasi akan hadir dalam perhelatan di Belitung tersebut.

"Yang hadir sekitar 1.100 orang delegasi yang sudah konfirmasi hadir, tapi itu belum dari Indonesia, belum pengawalnya, belum official nya. Kita sudah bahas kesediaan hotel-hotel, kita sudah ada pertemuan dengan pihak hotel, semua sudah kita siapkan. Intinya, G20 ini menjadi pematik untuk menunjukan pada dunia, bahwa Belitung siap menjadi tuan rumah G20, ini juga menjadi promosi kita agar dikenal dunia," lanjut Ferry.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Pemprov Pastikan Persiapan G20 di Belitung Rampung Agustus Ini, Bappeda Surati 11 Kementerian, https://bangka.tribunnews.com/2022/07/20/pemprov-pastikan-persiapan-g20-di-belitung-rampung-agustus-ini-bappeda-surati-11-kementerian.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm