Ilustrasi catur
Ilustrasi catur ( pixabay.com )

Tingkatkan Daya Ingat, Ini Manfaat Bermain Catur Bagi Kesehatan Otak

20 Juli 2022 20:01 WIB

SonoraBangka.id - Tahun 2021 lalu catur menjadi topik hangat. Pertama, ada series dari Netflix yang bercerita tentang catur, yakni The Queen Gambit.

Kemudian, ada kasus pertandingan Dewa Kipas vs GothamChess yang sempat membuat viral media sosial. 

Terbaru, ada pertandingan antara Grand Master Woman (GMW) Irene Kharsima Sukandar melawan Dewa Kipas atau Dadang Subur yang ditayangkan di YouTube Deddy Cobuzier. 

Pertandingan dua jagoan catur ini tentu menjadi perbincangan di media sosial dan nama olahraga ini menjadi semakin populer. Bahkan, banyak dari kita yang jadi ingin belajar catur. 

Untuk kita yang ingin belajar catur, mulai lakukan. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh saat bermain catur.

Apa saja? Dilansir dari CewekBanget.id, berikut manfaat bermain catur yang wajib kita ketahui: 

Daya ingat meningkat

Enggak bisa dipungkiri kalau semakin bertambah usia, daya ingat kita bisa melemah sehingga kita jadi mudah lupa.

Pada kondisi yang lebih parah seperti demensia, penderita akan kesulitan beraktivitas karena tidak mengenali orang terdekatnya. 

Agar daya ingat tetap terjaga, kita harus rutin melatih kemampuan otak dalam mengingat dan berpikir. Dalam hal ini, bermain catur baik untuk kesehatan dan fungsi otak karena dengan bermain catur, ketajaman memori dan konsentrasi dapat terlatih. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm