Ilustrasi cuaca panas, heat stroke
Ilustrasi cuaca panas, heat stroke ( Shutterstock)

Perubahan Cuaca, Yuk Kenali 2 Jenis Heat Stroke dan Penangan Pertamanya

22 Juli 2022 13:34 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui bahwa heat waves yang melanda sejumlah negara di Eropa menjadi bukti nyata perubahan iklim dan global warming.

Rekor cuaca terpanas ini menyebabkan kerusakan seperti kebakaran di Inggris dan munculnya banyak kasus heat stroke.

Heat stroke artinya gangguan kesehatan karena udara panas, biasanya terjadi akibat ketidakmampuan tubuh untuk menyesuaikan dengan udara panas.

Ada 2 jenis heat stroke menurut Dokter Spesialis Saraf Rumah Sakit Nasional Diponegoro Universitas Diponegoro, Santoso.

Pertama, heat stroke klasik yang umumnya terjadi pada orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kurang, usia lanjut, atau bayi-bayi.

Kedua, jenis exertional heat stroke yang disebabkan aktivitas berlebih di saat atau di lingkungan yang suhunya tinggi sehingga menganggu fungsi otak untuk penyesuaian suhu tubuhnya.

"Saat kita beraktivitas dan kita lupa minum dapat mempengaruhi munculnya heat stroke."

"Upaya agar kita bisa aman dari cuaca panas selain menggunakan topi saat di luar, harus cukup minum, dan memakai pakaian yang tidak tebal," ujarnya, dilansir dari Kompas.com.

Setelah mengetahui jenis heatstroke, Sahabat NOVA juga perlu mengetahui gejala heatstroke.

1. Suhu tubuh mencapai 40 derajat Celcius.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm