( )

Putar Balik Lakukan Pendaratan Darurat Pilot Citilink Meninggal Dunia

23 Juli 2022 09:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Pilot Citilink meninggal dunia membawa kabar duka bagi dunia penerbangan Indonesia.

Sebelum pilot Citilink meninggal dunia, ia sempat mengeluh sakit dan langsung putar balik ke Bandara Juanda setelah penerbangan pada Kamis (21/7/2022).

Tak disangka, setelah berhasil mendarat darurat, pilot Citilink meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

Dilansir Grid.ID dari akun Instagram @rumpi_gosip pada Jumat (22/7/2022), beredar video yang memperlihatkan kondisi pesawat saat berhasil mendarat.

Terlihat pesawat yang hendak berangkat ke Makassar itu terpaksa melakukan pendaratan mendadak karena sang pilot mengeluh sakit.

Video itu pun memperlihatkan pilot dan kru pesawat yang baru melakukan pendaratan darurat sedang diperiksa.

Warganet pun tak ketinggalan memberikan komentar dan doa ke pilot Citilink ini.

"Selamat jalan kapten," tulis akun @bunga kodian.

"Merinding Ya Allah, pahlawan di akhir hayatnya," tulis akun @lolly_polly09.

"Insya Allah husnul khatimah kapten!" tulis akun @emiljamila.

Melansir Kompas.com, pesawat ini dipimpipin oleh Boy Awalia (48) dan membawa 117 orang penumpang.

Humas PT Angkasapura I Bandara Internasional Juanda Surabaya menyebut bahwa pesawat terpaksa mendarat karena kondisi darurat karena sang pilot sakit.

"Kami mendapat report ada permintaan emergency landing dari Citilink QG307 Surabaya-Makassar, karena pilot incapacity (sakit di atas pesawat)," jelas Yuristo Ardi Hanggoro.

Acub Zainal, Koordinator Bidang Upaya Kesehatan Lintas Wilayah KKP Surabaya menyebut bahwa sang pilot dalam kondisi kritis saat dievakuasi.

"Saat dievakuasi, kondisi pilot sudah kritis," kata Acub Zainal.

Dewa Kadik Rai, Direktur Utama PT Citilink Indonesia, mengungkap bahwa sang pilot meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

"Setelah dievakuasi ke rumah sakit dan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat, disampaikan bahwa pilot kami dinyatakan telah meninggal dunia," kata Dewa.

Penumpang pesawat pun dialihkan ke pesawat lain dengan kru yang berbeda untuk diterbangkan ke Makassar pada 10.46 WIB pada hari yang sama.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm