Ilsutrasi sup ikan.
Ilsutrasi sup ikan. ( Dok. Shutterstock/Mahara)

Agar Tida Berbau Amis, Berikut 4 Cara Membuat Sup IKan

4 Agustus 2022 06:04 WIB

SonoraBangka.id - Ada banyak aneka resep sup hangat yang bisa kamu coba buat di rumah. Salah satunya, sup ikan yang bukan hanya menghangatkan tubuh tapi juga memberikan gizi penting.  Namun, apa jadinya kalau sup ikan buatanmu masih memiliki aroma tidak sedap dari ikan? Bisa jadi, nafsu makanmu akan berkurang.  Simak cara memasak sup ikan agar tidak berbau amis dilansir dari buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty penerbit Andi Publisher. 

1. Rebus air hingga mendidih

Siapkan panci bersih, tuang air secukupnya untuk membuat kaldu. Setelah itu, masukan tulang ikan mentah yang sudah diambil dagingnya.  Masukkan tulang ikan hanya beberapa detik saja. Mungkin selama 20 detik saja, kemudian angkat tulang ikan. 

2. Letakkan tulang ikan di dalam air dingin

Selanjutnya, letakkan tulang ikan yang baru direbus ke dalam air dingin agar bau amisnya hilang. Selain air dingin, kamu juga bisa memasukkan tulang ikan ke dalam air berisikan es batu.  Masukkan dan biarkan selama beberapa saat. 

3. Bumbui kuah 

Setelah itu beri bumbu seperti rempah beraroma ke dalam panci. Masukkan kembali tulang ikan dan masak hingga menjadi kaldu. 

4. Gunakan irisan jahe

Cara membuat sop ikan agar tidak bau amis adalah dengan menggunakan irisan jahe. Irisan jahe bisa berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada ikan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Sup Ikan agar Tidak Bau Amis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/03/111100375/4-cara-membuat-sup-ikan-agar-tidak-bau-amis.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm